Hubungan antara berita banjir Bandung Selatan di Harian Umum Pikiran Rakyat dengan kecenderungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengubah kebijakan penanggulangan banjir.

Adriyanti, Novi (2015) Hubungan antara berita banjir Bandung Selatan di Harian Umum Pikiran Rakyat dengan kecenderungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengubah kebijakan penanggulangan banjir. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

Media dalam cara tertentu akan berinteraksi dengan pikiran publik yang menghasilkan agenda publik. Namun agenda media juga turut hadir berinteraksi dengan agenda kebijakan. Berita banjir Bandung Selatan yang semakin terekspose oleh media (Harian Umum Pikiran Rakyat), setidaknya bisa menarik perhatian para pemangku kebijakan tertuju pada pemberitaan tersebut. Sehingga mendorong pemerintah untuk mengubah kebijakan menangai banjir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi yang faktual dari pemangku kebijakan yaitu Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang bagaimana hubungan berita banjir di Harian Umum Pikiran Rakyat dengan kecenderungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengubah kebijakan penanggulangan banjir. Penelitian ini menggunakan teori Agenda Setting, dengan populasi lembaga eksekutif dan legislatif yang terlibat dalam perencanaan pembuatan kebijakan penanggulangan banjir di Provinsi Jawa Barat yaitu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jawa Barat dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Jawa Barat yang meliputi Komisi IV dan Badan Legilasi, berjumlah 45 orang dengan besar sampel 45 orang (sampling jenuh). Penelitian ini menggunakan metode korelasional asosiatif. Peneliti melakukan penyebaran kuesioner disertai analisis berita untuk mengukur agenda surat kabar dan agenda kebijakan pemerintah Provinsi Jawa Barat. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis tabel tunggal, tabel silang dan uji hipotesis melalui rumus Koefisien Korelasi Rank Spearman. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa responden dominan menjawab opsi setuju pada pertanyaan variabel X sebesar 74.57 % (kuat) dan sebesar 78.25 % (kuat) responden dominan menjawab opsi setuju pada pertanyaan variabel Y. Hasil rangkaian uji hipotesis pada data penelitian menunjukan terdapat hubungan yang “rendah tapi pasti” dan signifikan antara berita banjir Bandung Selatan di Harian Umum Pikiran Rakyat dengan kecenderungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengubah kebijakan penanggulangan banjir dengan kekuatan prediksi sebesar 5.8% (rendah sekali).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pikiran Rakyat; Banjir; Kebijakan;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 04 Feb 2019 03:06
Last Modified: 04 Feb 2019 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18198

Actions (login required)

View Item View Item