Hidayah, Nuri (2015) Model pembelajaran problem terbuka (open ended) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi suhu dan pengukurannya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (665kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pendahuluan di SMP Negeri Satu Atap 2 Salopa Tasikmalaya ditemukan fakta bahwa masalah utama dalam pembelajaran IPA Fisika adalah kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar, keterampilan berpikir kreatif siswa masih kurang dari 30 %. Oleh sebab itu perlu adanya upaya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, khususnya mata pelajaran Fisika. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru melalui model pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) pada materi suhu dan pengukurannya, (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa setelah model pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) pada materi suhu dan pengukurannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-exsperimental. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Salopa Tasikmalaya. Populasi seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 1 kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode sampling jenuh. Pemilihan sampel ini dikarenakan kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Salopa hanya satu kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi, tes keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran fisika dalam kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan 80,37%. (2) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi suhu dan pengukurannya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) dengan perolehan rata-rata 0,46 nilai N-Gain secara keseluruhan termasuk kategori sedang. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t didapatkan thitung (20,68) > ttabel (2,045) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) pada materi suhu dan pengukurannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Terbuka (Open Ended); keterampilan berpikir kreatif; Suhu dan pengukurannya; |
Subjects: | Physics > Philosophy of Physics Physics > Research and Statistical Methods of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 03:49 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 03:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18199 |
Actions (login required)
View Item |