Penerapan model pair checks untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi gerak lurus: Penelitian pre-eksperimen pada kelas X SMA Plus Al-Ghifari Kabupaten Bandung

Marlina, Rina (2014) Penerapan model pair checks untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi gerak lurus: Penelitian pre-eksperimen pada kelas X SMA Plus Al-Ghifari Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Al-Ghifari Bandung, ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi gerak lurus termasuk rendah. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, diterapkan model pair checks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pair checks serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa setelah menerapkan model pair checks pada materi gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Al-Ghifari. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dimana sampel yang terpilih adalah kelas X satu dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi, sedangkan data peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest berbentuk tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas guru adalah 85,75% dengan kategori sangat baik, sedangkan rata-rata aktivitas siswa adalah 76,71% dengan kategori baik. Selain itu, terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada materi gerak lurus dengan nilai N-gain sebesar 0,65 yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pair checks; kemampuan pemecahan masalah; gerak lurus;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 22 Jan 2019 08:36
Last Modified: 22 Jan 2019 08:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18220

Actions (login required)

View Item View Item