Desain dan implementasi komunikasi robot vision menggunakan vision acquisition software pada labview berbasis raspberry pi

Syukron, Abdullah (2018) Desain dan implementasi komunikasi robot vision menggunakan vision acquisition software pada labview berbasis raspberry pi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merancang sebuah robot yang dapat mendeteksi dan mengenal warna dengan menggunakan sensor kamera webcam dan robot yang dibuat dapat berkomunikasi dengan komputer / personal computer (PC) sehingga dapat di monitoring dan di kontrol melalui software Labview sebaga tempat berjalannya program dan sebagai interface. Pada penelitian ini, dengan menggunakan kamera webcam, objek berwarna yang ditangkap akan di kirimkan ke komputer / PC melalui media router untuk di proses di software pemrograman Labview. Pada Labview, akan dilakukan proses pengenalan objek berwarna menggunakan vision acquisition software dengan melalui berbagai macam tahapan yang dilakukan mulai dari membuat program pengenalan input kamera webcam yang akan digunakan, menentukan warna yang ingin di kenal, membuat tampilan interface, dan membuat block program untuk menghubungkan software Labview dengan perangkat Arduino Uno. Pada penelitian ini, perangkat Arduino Uno, Motor Driver, dan Motor DC digunakan sebagai indikator output yang akan menjadi robot yang dapet bergerak maju, mundur, dan berhenti untuk mengetahui bahwa program pengenalan warna berfungsi dengan baik. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa objek berwarna yang di dapat dari sensor kamera webcam dapat di kenal dan di proses sehingga dapat diteruskan ke perangkat Arduino Uno dan hasilnya robot dapat bergerak maju, mundur, dan berhenti dengan baik. Pada tahap pengujian, di ketahui delay pada kamera webcam yang terhubung langsung dengan laptop lebih kecil dibandingkan dengan kamera webcam yang terhubung secara tidak langsung dengan laptop. Delay rata-rata yang dihasilkan pada saat kamera webcam terhubung langsung yaitu 0.1015 detik dan delay rata-rata pada saat kamera webcam terhubung secara tidak langsung yaitu 0.3975 detik. Pengujian dilakukan sebanyak 20 kali dengan rata-rata kecepatan internet 25ms dan pada penelitian ini robot dapat bergerak sesuai dengan warna yang ditentukan dan warna yang di tangkap oleh kamera webcam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: robot vision; vision acquisition software; raspberry pi; labview;
Subjects: Education, Research
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: abdullah syukron
Date Deposited: 29 Jan 2019 06:25
Last Modified: 29 Jan 2019 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18265

Actions (login required)

View Item View Item