Kurikulum pendidikan agama Islam di Ma'had Albitsat Ad-diniyah: Penelitian di Ma'had Albitsat Ad-diniyah provensi Yala Thailand Selatan

Watohma, Miss Hanan (2018) Kurikulum pendidikan agama Islam di Ma'had Albitsat Ad-diniyah: Penelitian di Ma'had Albitsat Ad-diniyah provensi Yala Thailand Selatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstark.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (902kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Dalam mewujudkan suatu proses pembelajaran yang aktif dan efisien maka dibutuhkan adanya kurikulum yang baik kualitas kurikulum ini akan terwujud apabila ada kesungguhan dalam pelaksanaan pembelajaran .dalam proses kegiatan belajar mengajar di Ma’had Al-bitsat Ad-diniahYala telah mengembangan kurikulum khususnya pada mata pelajaran Al-quran dan hadits.Upaya ini dilakukan agar outup atau atau hasil pencapaian dalam pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dengan mengembankan bakat dan kemampuan yang dimilik oleh setiap siswanya.dilatar belakangi dengan perbedaan dalam pelasanaan pembelajaran khsususnya pada mata pelajaran Al-qur’an dan Hadits di Ma’had Al-bitsat Ad-diniah Yala merupakan masalah yang menarik untuk di lakukan penelitian di lembaga tersebut. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum Al-qu’an dan Hadits di Ma’had Al-bitsat Ad-diniah Yala a) Latar alamiyah b) kurikulum pendidikan Agama Islam Al-qur’an dan Hadits c)penerapkan kurikulum Al-qur’an dan Hadits d)faktor Penunjang dan Penghabatan dari Pengembangan kurikulum Al-qur’an dan hadits e) Hasil yang di capai dari pengembangan kurikulum Al-qur’an dan Hadits. Penelitian ini dilandasansi oleh teori kurikulum, mulai dari tujuan isi atau materi metode dan pengembangan evaluasi. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan bagai masalah dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara studi dokmentrasi dan observasi.Adapun untuk menganalisis datanya digunakannya analisis deskriptif dan tujuan penafsiranya hanya deskripsi semata-mata dengan menggunakan teori dan komponen kurikulum. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan kurikulum Al-qur’an dan Hadits di Ma’had Al-bitsat Ad-diniah mempunyai latar belangkang untuk meningkatkan pemehaman dan kemampuan siswa dalam mempelajari isi ajaran Al-qur’an dan Hadits serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.adapun konsep pengembangan kurikulum Al-qur’an dan Hadits di Ma’had Al-bitsat Ad-diniah melalui cakupan a) Tujuan b) Isi c) metode e) evaluasi.dalam penerapakan kurikulum Al-qur’an dan Hadits di Ma’had Al-bitsat Ad-diniah tidek terlepas dari faktor penunjangan dan pengabat. Hasil yang dicapai dalam kurikulum dalam kurikulum Al-qur’an dan Hadits dapat dilihat perubahan tingkahlaku peserta didik dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik,perubahan ini sesuai dengan apa yang diharapkan dari kurikulum Al-qur’an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum pendidikan agama Islam; Ma'had Albitsat Ad-diniyah;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: miss hanan watohma
Date Deposited: 24 Jan 2019 08:28
Last Modified: 24 Jan 2019 08:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18290

Actions (login required)

View Item View Item