Pelaksanaan undian berhadiah dalam akad wadi’ah tabungan BriSyariah iB pada program promo hujan emas di Bank BRI Syariah Kcp Buah Batu Bandung

Fitriyasa, Fitriyasa (2014) Pelaksanaan undian berhadiah dalam akad wadi’ah tabungan BriSyariah iB pada program promo hujan emas di Bank BRI Syariah Kcp Buah Batu Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Pelaksanaan Tabungan BriSyariah iB dalam program undian berhadiah hujan emas akad yang digunakan dalam produk pendanaan di BRI Syariah Kcp Buah Batu Bandung yaitu akad Wadi’ah yad dhamanah. Salah satu bentuk undian berhadiah yang banyak dipraktekan oleh bank syariah yaitu dengan menggunakan sistem poin kemudian di undi untuk menentukan pemenang atas hadiah yang ditawarkan. poin hadiah diberikan dalam setiap setoran yang mencapai SRH (Saldo Rata-Rata Harian) sesuai yang ditentukan BRI Syariah. program ini menawarkan hadiah berupa emas murni bagi nasabah yang memiliki jumlah saldo tabungan yang tinggi. Undian berhadiah yang dilakukan BriSyariah masih menyisakan masalah. Pertanyaan mengenai undian berhadiah ini apakah termasuk kedalam kategori hibah (hadiah) atau kategori maisir (judi) dan kaitannya dengan prinsip syariah Islam dan fiqh muamalah kerap kali terlontar. Hal ini mengindikasikan bahwa publik belum mendapatkan informasi yang komprehensif dalam penyelenggaraan undian berhadiah “Hujan Emas BriSyariah” yang diadakan oleh Bank BRI Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan undian berhadiah Tabungan BriSyariah iB melalui akad wadi’ah pada program promo hujan emas di BRI Syariah Kcp Buah batu Bandung, dan relevansi akad wadi’ah dalam undian berhadiah di BRI Syariah Kcp Buah Batu Bandung. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat menambah kontribusi ilmu pengetahuan dan pengalaman tentang produk perbankan syariah terutama dalam pelaksanaan undian berhadiah yang berlandaskan prinsip syariah melalui akad wadi’ah. Tabungan wadi’ah merupakan tabungan yang dijalankan berdasarkan akad wadi’ah, yakni titipan murni yang harus dijaga dan dikembalikan setiap saat sesuai dengan kehendak pemiliknya, sedangkan undian merupakan upaya yang paling mampu menjauhkan unsur keberpihakan dalam memilih, dan dapat dilakukan untuk maksud-maksud yang beragam luas, bisa untuk maksud perjudian dan bisa pula untuk maksud-maksud yang jauh sama sekali dari perjudian. Metode yang digunakan adalah metode deskriptip yaitu mendeskripsikan suatu penelitian yang diupayakan untuk mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi di lapangan dan dari data-data yang diperoleh dari sumber-sumber yang bersangkutan seperti sumber data primer dan dan sumber data sekunder. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa pelaksanaan Tabungan BriSyariah iB dengan akad wadi’ah pada program undian berhadiah Hujan Emas telah sesuai dengan fiqh dan fatwa dan telah memenuhi rukun dan syarat wadi’ah. Undian berhadiah ini merupakan bentuk hadiah yang diberikan kepada nasabah yang menabung di BRI Syariah yang meningkatkan saldo tabungannya. Undian hadiah ini tidak termasuk dalam kategori maisir (judi) karena dalam pelaksanaan undian berhadiah yang dilaksanakan di BRI Syariah tidak terdapat unsur-unsur maupun kriteria mengenai maisir (judi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: undian berhadiah; akad wadi’ah; promo hujan emas;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 25 Jan 2019 07:16
Last Modified: 25 Jan 2019 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18319

Actions (login required)

View Item View Item