Aplikasi pemberian bonus pada tabungan Ma’soem iB dengan akad wadi’ah yad dhamanah di BPR Syari’ah PNM Al-Ma’soem Rancaekek Bandung

Hoerunisa, Hoerunisa (2013) Aplikasi pemberian bonus pada tabungan Ma’soem iB dengan akad wadi’ah yad dhamanah di BPR Syari’ah PNM Al-Ma’soem Rancaekek Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)

Abstract

Tabungan ma’soem iB yang menggunakan akad wadi’ah yadh dhamanah merupakan salah satu produk BPR Syari’ah PNM Al-Ma’soem. Dalam teori fiqh muamalah akad wadi’ah termasuk ke dalam akad tabarru’ (akad kebaikan), yaitu segala macam perjanjian yang menyangkut not for profit transaction. Transaksi ini bukan transaksi komersil, ia merupakan akad kebaikan yang bertujuan tolong menolong antar sesama manusia. Balasan kebaikan dari transaksi ini adalah dari Allah SWT, bukan dari manusia. Oleh karena itu,tidak boleh ada keuntungan bonus yang dijanjikan di awal kepada pihak nasabah. Namun pada kenyataannya, di BPR Syari’ah PNM Al-Ma’soem Rancaekek Bandung terdapat ketidaksesuaian dalam aplikasi tabungan ma’soem. Produk ini memberikan bonus kepada nasabah jika rata-rata simpanan Rp. 10 juta bonus perbulannya Rp. 50.100. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tabungan wadi’ah pada tabungan ma’soem iB , aplikasi pemberian bonus pada tabungan ma’soem iB dengan akad wadi’ah yadh dhamanah di BPR Syari’ah PNM Al-Ma’soem Rancaekek Bandung, dan Tinjauan fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 dan PBI No. 07/46/PBI/2005 terhadap aplikasi pemberian bonus pada tabungan ma’soem iB dengan akad wadi’ah yad dhamanah di BPR Syari’ah PNM Al-Ma’soem Rancaekek Bandung. Pemikiran ini bertitik tolak dari kerangka pemikiran bahwa konsep akad wadi’ah merupakan titipan murni yang harus dijaga dan dikembalikan setiap saat sesuai kehendak pemiliknya. Ia merupakan akad kebaikan. Ulama fiqh sependapat bahwa wadi’ah adalah salah satu akad tolong menolong antara sesama manusia..Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan aplikasi akad wadi’ah pada produk tabungan ma’soem telah sesuai dengan konsep akad wadi’ah dalam fiqh dan fatwa. Namun pemberian bonus yang diberikan kepada nasabah tabungan ma’soem iB dengan ketentuan yang ada tidak sesuai dengan fatwa MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 dan PBI No. 07/46/PBI/2005. Hal ini menyalahi prinsip akad wadi’ah sebagai akad tabarru’ yaitu akad kebaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bonus pada tabungan Ma’soem iB; akad wadi’ah yad dhamanah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 25 Jan 2019 09:41
Last Modified: 25 Jan 2019 09:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18323

Actions (login required)

View Item View Item