Gina Wiana, Gina (1210208038) (2014) Penerapan Model Context Based Learning (CBL) untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains pada Materi Koloid (Penelitian Kelas terhadap Siswa Kelas XI Semester Genap SMAN 1 Tukdana Kabupaten Indramayu). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
Abstract
Penulis menemukan sebagian besar siswa di kelas XI SMAN 1 Tukdana, lebih menggunakan teknik menghapal dalam mempelajari konsep sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Model pembelajaran Context Based Learning (CBL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kesulitan siswa serta dapat mengembangkan keterampilan generik yang dimiliki siswa. Model CBL meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu tahap questions, tahap answers, tahap selecting information, dan tahap aplication. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas siswa, mendapatkan gambaran mengenai kemampuan generik sains siswa dalam setiap tahapan model CBL, dan mendapatkan gambaran mengenai keterampilan generik sains setelah penerapan model pembelajaran CBL pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan pada 29 siswa kelas XI IPA 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kelas. Instrumen yang digunakan yaitu deskripsi pembelajaran, LKS, lembar observasi, soal indikator keterampilan generik sains. Data hasil penelitian diolah menggunakan statistik deskriptif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran CBL berlangsung dengan baik, namun masih terdapat kekurangan pada tahap answers dan aplication. Kemampuan keterampilan generik sains siswa pada setiap model pembelajaran CTL pada materi koloid menunjukkan ketercapaian rata-rata sebesar 68% dan hasil analisis keterampilan generik sains menunjukkan kriteria sangat baik yaitu sebesar 86,8.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Context Based Learning (CBL), Keterampilan generik sains, Koloid |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 03:50 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1836 |
Actions (login required)
View Item |