Mekanisme penentuan margin dalam produk pembiayaan top up mikro pasar melalui akad murabahah di BPR Syariah Cipaganti Cabang Ciwastra Bandung

Kameswara, Teguh (2013) Mekanisme penentuan margin dalam produk pembiayaan top up mikro pasar melalui akad murabahah di BPR Syariah Cipaganti Cabang Ciwastra Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Sebagai lembaga keuangan syariah, BPR Syariah Cipaganti selalu berusaha menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam menjalankan produk-produknya khususnya produk Pembiayaan Top Up Mikro Pasar melalui akad murabahah. Karena di dalam lembaga keuangan syariah tidak mengenal bunga, maka dalam produk ini keuntungannya menggunakan margin. Dalam penelitian ini penulis mempunyai tujuan untuk mengetahui: 1. Ketentuan ketentuan patokan/standar fixed margin dalam produk pembiayaan Top Up mikro pasar akad murabahah di BPR Syariah Cipaganti Cabang Ciwastra Bandung, 2. Mekanisme produk pembiayaan Top Up mikro pasar melalui akad murabahah di BPR Syariah Cipaganti Cabang Ciwastra Bandung, 3. Tinjauan fiqh muamalah terhadap pelaksanaan produk pembiayaan Top Up mikro pasar melalui akad murabahah di BPR Syariah Cipaganti Cabang Ciwastra Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yakni mendeskripsikan Pelaksanaan Pembiayaan Top Up Mikro Pasar Melalui Akad Murabahah di BPR Syariah Cipaganti Cabang Ciwastra Bandung. Maka dapat dirumuskan jika BPR Syariah Cipaganti menggunakan akad murabahah dalam produk Top Up Mikro Pasar sesuai dengan prinsip-prinsip dan asas-asas hukum ekonomi syariah, maka hal tersebut dibolehkan secara syar’I karena dapat memberikan keuntungan baik kepada nasabah maupun bank syariah itu sendiri. Melalui penelitian ini menyimpulkan: 1. Penentuan patokan/standar Fixed Margin dalam produk Top Up Mikro Pasar melalui akad murabahah yang dilakukan di BPR Syari’ah Cipaganti Cabang Ciwastra Bandung pada dasarnya telah terjadi kesepakatan antara pihak bank dan nasabah dengan prinsip antaradin, 2. Mekanisme produk Top Up Mikro Pasar di BPR Syariah Cipaganti Cabang Ciwastra Bandung dengan menggunakan akad murabahah, yakni dalam rangka pelayanan pembiayaan. Top Up Mikro Pasar tersebut umumnya diberikan kepada masyarakat kecil dan menengah dalam bentuk bantuan pembiayaan yang dilakukan secara angsuran. 3. Ditinjau dari fiqh muamalah, pelaksanaan produk Top Up Mikro Pasar melalui akad murabahah di BPR Syari’ah Cipaganti Cabang Ciwasrta Bandung dilihat dari segi rukun dan syaratnya belum sesuai dengan ketentuan fiqh muamalah. Sehingga penulis merumuskan bahwa dilihat dari segi mekanisme dan prosedur penentuan fixed margin pada pelaksanaan akad murabahah dalam produk Top Up Mikro Pasar di BPR Syari’ah Cipaganti Cabang Ciwastra Bandung pada prinsipnya belum sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah. Dalam pandangan hukum Islam, sah dan tidaknya akad jual beli itu bergantung pada pemenuhan syarat dan rukunnya, begitu juga dalam pelaksanaan Murabahah, bahwa terpenuhinya aspek rukun dan syarat merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan akad Murabahah. Karena apabila suatu kegiatan sudah tidak terpenuhi salah satu syarat dan rukunnya maka kegiatan Muamalahnya termasuk kategori Bathil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme penentuan margin; produk pembiayaan top up mikro pasar; akad murabahah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 28 Jan 2019 09:09
Last Modified: 28 Aug 2019 02:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18380

Actions (login required)

View Item View Item