Analisis pemanfaatan dan strategi pemasaran E-Journal di Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Respiawati, Sopia Analisis pemanfaatan dan strategi pemasaran E-Journal di Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
jurnal ilmiah.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Salah satu inovasi yang ada dalam perpustakaan digital di perguruan tinggi sebagai produk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah elektronic journal (e-journal). E-journal dalam dunia pendidikan tinggi berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi mengenai bahan, referensi yang dibutuhkan oleh civitas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan dan hambatan penggunaan E Journal di Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung serta mendeskripsikan strategi pemasaran E Journal di Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis deskriptif kuantitatif yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis gambaran pemanfaatan dan strategi pemasaran e-journal sebagai referensi akademik di Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Adapun teknik analisa datanya yakni dengan menggunakan analisis yang telah diadaptasi dari model penelitian Kim (2005) dan Nisonger (1997) mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan seseorang untuk menggunakan fasilitas pangkalan data jurnal elektronik yang disediakan oleh Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Populasi yang merupakan obyek penelitian ini adalah mahasiswa S1 tingkat akhir UIN SGD Bandung yang pernah menggunakan jurnal elektronik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan model pemilihan (purposive sampling). Model penelitian Kim (2005) dan Nisonger (1997) ini merupakan variabel dalam penelitian. Variabel tersebut adalah, 1) Kemampuan menggunakan komputer; 2) Kemudahan penggunaan (ease of use); 3 Kemudahan akses (accessibility); 4) Antarmuka sistem yang ramah penggunaan (user friendly inter-face); 5) Relevansi isi informasi dengan kebutuhan informasi penggunanya; 6) Kualitas informasi; 7) Keinginan memanfaatkan jurnal elektronik (intention to use).

Item Type: Other
Subjects: Relationship of Libraries > Promotion of Libraries
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 01:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18451

Actions (login required)

View Item View Item