Pengaruh metode mind mapping terhada aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT

Kudus, Zaky Muhamad Abdul (2018) Pengaruh metode mind mapping terhada aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
2_Abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi palajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Agar dapat mencapai tujuan dalam pembelajara, metode yang digunakan harus sesuai dengan konten materi yang akan disampaikan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran pelajaran PAI adalah metode mind mapping. Mind mapping adalah metode pembelajaran dengan menggunakan gagasan-gagasan yang digambarkan kedalam peta-peta kerangka pemikiran. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada penerapan metode mind mapping dalam proses pembelajaran PAI materi Iman kepada kitab-kitab Allah. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilaksanakan di kelas XI SMA IT Budjemak Tanjungsiang, bahwa dalam proses pembelajaran aktivitas belajar PAI masih rendah itu disebabkan karena sebagian siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik seperti mengobrol pada saat guru menjelaskan. Metode yang digunakan guru masih umum, seperti menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas sehingga pembelajaran PAI hanya berpusat pada guru dan dalam pembelajaran belum menggunakan metode Mind Mapping. Maka, hal tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di SMA IT Budjemak, Subang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen dengan melibatkan dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen, XI A, yang berjumlah 38 siswa, dan kelas Kontrol, XI B, yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan tes, pretest dan post-test, sebagai insrtumen pengumpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui hasil proses pembelajaran siswa dengan menggunakan metode mind mapping pada materi Iman kepada Kitab-kitab Allah; 2 Untuk mengetahui hasil proses pembelajaran siswa dengan mengunakan metode biasa/knovensional pada materi Iman kepada Kitab-Kitab Allah; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi Iman kepada Kitab-kitab Allah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran ceramah. Hal ini ditunjukkan dari perbedaan nilai rata-rata/mean dari hasil pre-test dan post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata/mean pre-test kelas eksperimen adalah 60,03 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 57,74. Setelah mendapatkan perlakuan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 75,95 dengan nilai N-gain sebesar 0,36, sedangkan nilai post-test kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan adalah 66,71 dengan nilai N-gain sebesar 0,23. Uji hipotesis, menunjukkan bahwa thitung yang didapatkan adalah 5,74 sedangkan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu, thitung > ttabel (5,74 > 2,00) sehingga dapat diinterpretasikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. ii Berdasarkan hasil penilitian, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil post-test antara siswa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan metode mind mapping dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan metode mind mapping. Oleh karena itu, metode mind mapping terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dijadikan salah satu referensi untuk para guru sebagai alterbatif metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping; Aktivitas Belajar; PAI;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zaky Muhamad Abdul Kudus
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:32
Last Modified: 30 Jan 2019 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18474

Actions (login required)

View Item View Item