Hanifan, Abdillah (2018) Representasi kapitalisme dalam film dokumenter Rayuan Pulau Palsu: Analisis semiotika Roland Barthes dalam film dokumenter. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
Abstract
Film dokumenter “Rayuan Pulau Palsu” merupakan sebuah film yang mengisahkan tentang tentang sisi lain dari proyek reklamasi di Teluk Jakarta, sebuah potret buram dibalik geliat proyek reklamasi Teluk Jakarta yang menawarkan kegemerlapan aset properti justru merampas ruang hidup, perampasan tanah, hilangnya sumber mata pencaharian, penyingkiran warga secara paksa,rusaknya ekologis, represifitas aparat, kasus suap dan korupsi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis semiotika Roland Barthes dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi serta studi pustaka. Objek yang dianalisis merupakan sequence pilihan yang terdapat dalam film dokumenter “Rayuan Pulau Palsu” dengan mengambil 5 sequence. Analisis semiotika Roland Barthes memiliki dua tataran dalam menganalisis tanda. Tahapan signifikasi tataran pertama untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi, sedangkan tahapan signifikasi tataran kedua untuk mengetahui makna mitos. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga makna sesuai dengan analisis semiotika Roland Barthes. Makna denotatif yang terdapat pada sequence film dokumenter ini tanda visual ataupun audio yang ditampilkan dalam keseluruhan film. Makna konotasi menunjukkan bahwa representasi kapitalisme dalam film ini dapat dilihat dari perampasan hak ruang hidup, penyerobotan lahan, kerusakan ekosistem, represifitas aparat, korupsi pengusaha dan pejabat untuk proyek reklamasi. Sedangkan makna mitos hadirnya pemilik modal yang menunjukan keperkasaannya yang menyingkirkan penduduk setempat dalam membangun pulau palsu dengan pola kerja kapitalistik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semioika; kapitalisme; dokumenter; representasi; reklamasi; |
Subjects: | Communities Communities > Movement of People to, from, within Communities Communities > Socialist Communities Analysis, Theory of Functions Analytical Chemistry |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Abdillah Hanifan |
Date Deposited: | 30 Jan 2019 07:37 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18476 |
Actions (login required)
View Item |