Analisis potensi penerimaan pajak reklame pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung

Rizkiana, Aprilia (2018) Analisis potensi penerimaan pajak reklame pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
2_ABSTRACT.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Pajak reklame merupakan salah satu dari sekian pajak yang ada di Kota Bandung dimana keberadaannya sangat penting sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Keberadaan pajak reklame ini diharapkan menjadi sumber penerimaan yang utama mengingat kondisi dan potensi daerah yang dimiliki Kota Bandung. Namun realisasinya, keberadaan pajak reklame ini kurang optimal dalam pemungutannya dimana nilai dan pertumbuhannya dari tahun 2013 hingga 2017 mengalami penurunan bahkan dengan nilai yang tidak mencapai target yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penerimaan pajak reklame yang ada di Kota Bandung untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan Teori dari Davey yaitu Kecukupan Elastisitas, Keadilan, Kemanpuan Administratif dan Kesepakatan Politis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dengan jenis data time series periode 2013-2017 yang diperoleh dari Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung serta data primer berupa hasil wawancara sehingga mampu menjelaskan secara mendalam tentang potensi penerimaan pajak reklame serta hambatan-hambatan serta upaya-upaya yang akan diambil dalam meningkatkan penerimaan pajak reklame secara optimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa potensi pajak reklame sangat besar, jauh diatas nilai realisasi penerimaan pajak reklame dari tahun 2013 hingga 2017. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa potensi pajak reklame yang ada belum tergali secara optimal, masih ada potensi pajak yang belum terjangkau dan terdapat beberapa hal yang perlu menjadi koreksi terkait pajak reklame yang ada di Kota Bandung seperti sistem pengelolaan dan pengawasan yang ketat dilapangan agar kedepannya tidak terjadi lagi kecurangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pajak Daerah; Pajak Reklame; Analisis;
Subjects: Public Finance > Taxes and Taxation
Accounting > Tax Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: aprilia rizkiana
Date Deposited: 31 Jan 2019 06:43
Last Modified: 31 Jan 2019 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18482

Actions (login required)

View Item View Item