Pemberdayaan pemuda melalui organisasi kepemudaan Komite Nasional Pemuda Indonesia: Studi deskriptif pengembangan pemuda di pengurus KNPI Kecamatan Ciparay

Nugraha, Arip (2018) Pemberdayaan pemuda melalui organisasi kepemudaan Komite Nasional Pemuda Indonesia: Studi deskriptif pengembangan pemuda di pengurus KNPI Kecamatan Ciparay. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (Arip Nugraha).pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (Arip Nugraha).pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi (Arip Nugraha).pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1 (Arip Nugraha).pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2 (Arip Nugraha).pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3 (Arip Nugraha).pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4 (Arip Nugraha).pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5 (Arip Nugraha).pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka (Arip Nugraha).pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti melihat pemberdayaan yang dilakukan Organisasi Kepemudaan KNPI di Ciparay. Kehadiran KNPI di Ciparay memberi dampak perubahan bagi para pemuda yang ada di di Kecamatan Ciparay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi para pemuda dan kader KNPI yang ada di Ciparay, Untuk mengetahui pola pemberdayaan yang dilakukan oleh PK KNPI Ciparay, dan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat keberhasilan pemberdayaan yang dilakukan oleh PK KNPI Ciparay. Landasan teori yang digunakan merujuk pada teori modal sosial dari Robert Putnam.. Teori ini kemudian dijadikan sebagai kerangka berpikir sekaligus alat analisis (tool of analysys) dalam melihat realitas masalah berupa pemberdayaan yang dilakukan oleh PK KNPI Ciparay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data yang didapat, kemudian memaparkan dalam bentuk narasi cerita berdasarkan data wawancara, observasi yang telah didapat dan juga dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto, agenda kegiatan dan lain-lain. adapun hasil penelitiannya yaitu Pertama, Kondisi objektif para pemuda di Kecamatan Ciparay belum sepenuhnya maju dan adapun konisi KNPI saat ini berjalan secara normative belum ada hambatan. Kedua, pola pemberdayaan yang dilakukan oleh PK KNPI Ciparay dilakukan dengan pola structural organisasi. Ketiga, faktor pendorong keberhasilan yaitu kemitraan strategis, metode kekinian, dan pendekatan sosio-kultural. adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya koordinasi dengan kemitraan strategis, kurangnya data dan dana, serta kesadaran para pemuda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; KNPI; Modal Sosial;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Arip Nugraha
Date Deposited: 31 Jan 2019 07:42
Last Modified: 31 Jan 2019 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18511

Actions (login required)

View Item View Item