Eksistensi perempuan dalam kepemimpinan gereja protestan: studi pada gereja kristen indonesia (GKI) Gatot Subroto Bandung

Millah, Imas (2018) Eksistensi perempuan dalam kepemimpinan gereja protestan: studi pada gereja kristen indonesia (GKI) Gatot Subroto Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman serta ilmu pengetahuan, peran dan keterlibatan perempuan dalam wilayah yang bersifat publik kini tidak lagi menjadi sesuatu yang asing, tetapi budaya patriarki menjadi salah satu faktor mengapa peran perempuan tidak terlihat secara dominan. Selain itu agama yang selamanya menjadi pedoman kehidupan manusia tidak dapat dipungkiri memiliki doktrin-doktrin yang bersifat membatasi terhadap ruang gerak perempuan. Namun setiap doktrin tidak akan pernah terlepas dari penafsiran yang pada akhirnya memunculkan pemahaman yang berbeda sehingga memperlihatkan realitas yang berbeda pula. Gereja Kristen Indonesia (GKI) Gatot Subroto Bandung menunjukan adanya penggunaan tafsir tersendiri dalam memahami doktrin-doktrin khususnya doktrin tentang posisi serta peran perempuan. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini berfokus pada pencarian jawaban atas doktrin serta tafsir yang digunakan Gereja Protestan khususnya oleh Gereja Kristen Indonesia (GKI) Gatot Subroto Bandung dalam mengatur dan menempatkan peran perempuan, penelitian ini melibatkan empat orang narasumber yang merupakan Pendeta dan jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Gatot Subroto Bandung Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan adanya eksistensi perempuan dalam Gereja Protestan yang didasari oleh penafsiran doktrin tentang peran perempuan yang ditafsirkan secara berbeda dimana peran perempuan memiliki ruang gerak yang sangat luas. Doktrin tersebut salah satunya diambil dari posisi perempuan yang dinyatakan sebagai tulang rusuk laki-laki yang dimaknai sebagai penolong sekaligus penyeimbang sehingga tidak ada alasan untuk memposisikan perempuan dibawah laki-laki, maka peran serta ruang gerak perempuan berada dalam porsi yang sangat baik, dan mampu mendukung eksistensi perempuan itu sendiri. Selain itu, dalam agama Kristen Protestan peran perempuan tidak dibatasi dalam bidang apapun termasuk dalam ritual ibadah seperti halnya memimpin ibadah, membaptis, dan memberkati dalam proses pernikahan karna dalam Kristen Protestan sendiri perempuan sama-sama memiliki tanggung jawab sebagai umat Allah sehingga posisinya setara dengan laki-laki, dan perempuan merupakan makhuk yang sama sebagai bagian dari Gereja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi; Perempuan; Kristen Protestan;
Subjects: Christianity > Education, Research
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 06 Feb 2019 01:12
Last Modified: 06 Feb 2019 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18516

Actions (login required)

View Item View Item