Persepsi siswa terhadap tayangan The Story of Rohingya: Studi deskriptif kuantitatif mengenai persepsi siswa broadcasting SMKN 10 Bandung terhadap tayangan The Story Of Rohingya di NET TV

Pratiwi, Virgina (2018) Persepsi siswa terhadap tayangan The Story of Rohingya: Studi deskriptif kuantitatif mengenai persepsi siswa broadcasting SMKN 10 Bandung terhadap tayangan The Story Of Rohingya di NET TV. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy

Abstract

NET TV merupakan salah satu televisi swasta yang menayangkan program liputan secara khusus mengenai berita konflik Rohingya. Tayangan The Story Of Rohingya merupakan salah satu tayangan televisi yang bermanfaat dan dapat dijadikan alternatif oleh siswa Broadcasting SMKN 10 untuk menonton tayangan tersebut, karena didalamnya mengandung unsur pengetahuan dan wawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana siswa Broadcasting SMKN 10 Bandung melakukan proses seleksi, interpretasi dan reaksi terhadap tayangan The Story Of Rohingya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori persepsi dan teori perbedaan individul atau (individual differences). Kaitan kedua teori tersebut ialah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan sehingga memberikan makna pada stimuli inderawi (sensory stimuli). Dengan demikian, reaksi yang ditimbulkan bukanlah seragam melainkan beragam. Metode yang digunakan ialah metode studi deskriptif kuantitatif, yaitu data yang diperoleh dari sampel populasi dianalisis sesuai dengan metode statistika. Metode ini digunakan untuk memperoleh data secara maksimal sesuai dengan teori yang digunakan. Hasil penelitian terhadap 61 responden menunjukan H_1diterima artinya adanya perbedaan persepsi siswa Broadcasting SMKN 10 Bandung sebelum dan sesudah menonton tayangan The Story Of Rohingya. Skor rata-rata yang diperoleh dari proses seleksi ialah 78,4% tergolong pada kategori baik artinya siswa mendapatkan stimulus berupa perhatian ketika menonton tayangan tersebut. Skor rata-rata yang diperoleh dari proses interpretasi ialah 83,71% tergolong pada kategori sangat baik artinya stimulus berupa tayangan The story of Rohingya dapat diserap sehingga siswa mampu memberikan makna yang tepat.. Sedangkan skor pada reaksi ialah 85,90% tergolong pada kategori sangat baik artinya siswa mendapatkan reaksi positif berdasarkan pengalaman setelah menonton tayangan tersebut berupa sikap kepedulian sosial. Secara keseluruhan, skor rata-rata dari pesepsi siswa yaitu 76,52% yang berada pada interval 61% - 80% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil data tersebut, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa Broadcasting SMKN 10 Bandung terhadap tayangan The Story Of Rohingya NET TV adalah baik. Hal itu terjadi karena kemampuan siswa dalam menyaring, mengorganisir dan menafsirkan tayangan melalui proses seleksi, interpetasi serta reaksi sehingga mendapatkan hasil yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tayangan; Berita konflik; Teori Persepsi; Teori Individual
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Virgina Juniar Pratiwi
Date Deposited: 01 Feb 2019 06:05
Last Modified: 01 Feb 2019 06:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18526

Actions (login required)

View Item View Item