Aisah, Iis (2016) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3-DAFTAR ISI.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (852kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
Abstract
Pembelajaran biologi yang diterapkan guru masih lebih dominan kepada aspek pemahaman konsep, siswa cenderung lebih sering menghapal konsep tanpa mengetahui bagaimana proses untuk menemukan konsep sehingga mengakibatkan kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendorong kemampuan berpikir kritis siswa yaitu pembelajaran model discovery learning. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model discovery learning, menganalisis respon dan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini siswa kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 34 siswa di SMAN 1 Pangandaran. Kemudian digunakan instrumen soal kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model tersebut. Dengan data penunjang berupa lembar observasi, angket dan soal penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model discovery learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem dengan nilai N-gain 0,60 (sedang). Hal ini berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung> ttabel yaitu 6,51> 1,99 dengan taraf signifikansi 5%. Maka dari itu Ho ditolak dan Ha diterima. Presentase keterlaksanaan aktivitas guru dalam proses pembelajaran adalah sebesar 88,24% (sangat baik) dan nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 82,28% (baik). Kemudian untuk respon siswa terhadap model discovery learning 78,99% (kuat). Selanjutnya untuk hasil penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata 77,41 (baik).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh; Discovery Learning; Berpikir kritis; Ekosistem; |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 03:02 |
Last Modified: | 07 Feb 2019 03:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18602 |
Actions (login required)
View Item |