Analisis pelaksanaan Peraturan Pemerintah Daerah (PEMDA) Cianjur nomor 12 tahun 2013 tentang larangan peredaran dan penjualan Minuman beralkohol ditinjau dari Siyasah Dusturiyah

Sopiana, Ari (2018) Analisis pelaksanaan Peraturan Pemerintah Daerah (PEMDA) Cianjur nomor 12 tahun 2013 tentang larangan peredaran dan penjualan Minuman beralkohol ditinjau dari Siyasah Dusturiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak[1].pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar_Isi[1].pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1[1].pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar_Pustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembuatan dan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur, dalam pelaksanaan Perda oleh pemerintah pada umumnya sangat berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena ukuran obyek yang bersifat tentatif dan besarnya subyektifitas Bupati dan Wakil Bupati serta staf yang berwenang dalam menafsirkan frasa keadaan penjual miras sebagai dasar untuk menetapkan dan melaksanakan Perda. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, mengetahui proses pelaksanaan Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang Larangan Peredaran dan Penjualan miras di Kabupaten Cianjur, Kedua mengetahui substansi Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang Larangan Peredaran dan Penjualan miras di Kabupaten Cianjur, Ketiga mengetahui dampak pelaksanaan Perda Nomor 12 Tahun 2013 di Kabupaten Cianjur, Keempat mengetahui tinjauan siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan Perda Nomor 12 Tahun 2013 di Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, yaitu penelitian yang tujuannya memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antara kejadian yang diselidiki kemudian di analisis. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka (pustaka libraby). Teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah merujuk pada panca praja, asas legalitas, asas negara hukum, serta konsep siyasah dusturiyah yang menjadi pisau analisis penulis dalam mengkaji pelaksanaan Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang Larangan Peredaran dan Penjualan miras di Kabupaten Cianjur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang Larangan Peredaran dan Penjualan miras di Kabupaten Cianjur sudah berjalan yaitu dalam pembentukannya perda tersebut memberikan hal yang positif bagi masyarakat daerah Kabupaten Cianjur, namun dalam pelaksanaannya belum efektif. Hal ini disebabkan oleh penegakan hukum yang masih lemah, fasilitas yang belum memadai, kesadaran masyarakat yang kurang serta kurangnya sosialisasi. Adapun terhadap substansi Perda dititik beratkan kepada penindak pelanggaran terhadap substansi/materi Perda. Perda memberikan dampak bahwa keamanan di Kabupatean Cianjur terakomodir serta angka kematian akibat minuman beralkohol dapat ternetralisir. Berdasarkan tinjauan siyasah dusturiyah di dalam pelaksanaan produk hukum, penerapan Perda oleh pemerintah merupakan bentuk kekuasaan dalam melahirkan kemaslahatan dengan semangat melindungi masyarakat (hifz ummah) dari dampak bahaya miuman beralkohol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Panca praja; Asas Legalitas; Negara Hukum;
Subjects: Political Process
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Ari Sopiana
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:03
Last Modified: 07 Feb 2019 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18646

Actions (login required)

View Item View Item