Persepsi masyarakat petani keramba jaring apung KJA terhadap program operasi danau Jatiluhur jernih: Studi deskriptif di Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta

Yuliana, Sinta (2018) Persepsi masyarakat petani keramba jaring apung KJA terhadap program operasi danau Jatiluhur jernih: Studi deskriptif di Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Program Operasi Danau Jatiluhur Jernih yaitu program pengembalian ekosistem dan lingkungan danau Jatiluhur agar menjadi jernih dan layak di konsumsi langsung kembali seperti dahulu yang diakibatkan oleh aktivitas Keramba jaring Apung. Dengan adanya program tersebut banyak Petani Keramba Jaring Apung yang tidak setuju dengan program tersebut karena mereka tidak mau kehilangan mata pencaharian. Dan ada juga yang menerima program tersebut karena menuruti yang diperintahkan oleh Pemerintah, dengan demikian bagaimana mengkaji kembali tentang mekanisme program, persepsi masyarakat petani KJA terhadap program operasi Danau Jatiluhur jernih dan hasil yang di capai dari program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Mekanisme Program Operasi Danau Jatiluhur Jernih di Danau Jatiluhur Kabupaten Purwakarta; 2). Pandangan masyarakat kelompok Petani KJA di Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta terhadap Program Operasi Danau Jatiluhur Jernih; 3). Hasil dari Program Operasi Danau Jatiluhur Jernih di Danau Jatiluhur Jernih Kabupaten Purwakarta. Teori yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian ini adalah teori Pilihan Rasional dari James Coleman. Menurut Coleman Teori pilihan rasional memusatkan perhatian pada aktor. Aktor dipandang sebagai manusia yang mempunyai tujuan atau mempunyai maksud. Artinya, aktor mempunyai tujuan dan tindakannya tertuju pada upaya untuk mencapai tujuan itu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode ini bertujuan untuk menjelaskan suatu fenonmena sosial dalam masyarakat secara deskriptif dengan cara-cara ilmiah untuk mendapatkan faktafakta yang sebenarnya. Sumber data primer adalah Petani Keramba Apung (KJA). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan untuk melengkapi data yang diperoleh. Tahap analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Operasi Danau Jatiluhur Jernih berjalan cukup baik tim bekerja sesuai Juklak dan SOP Satgas danau Jatiluhur Jernih, meskipun sebagian besar petani beranggapan bahwa dampak negatif yang akan dirasakan oleh masyarakat akan lebih banyak jika dibandingkan dengan dampak positifnya terutama berkaitan dengan kondisi sosio-ekonomi petani pasca penertiban dilakukan. Hasil yang di capai dalam Program Operasi Danau Jatiluhur Jernih yaitu, menertibkan sebagian Keramba Jaring Apung yang ada di Jatiluhur yang akhir nya akan di zero kan atau di kosongkan untuk memperbaiki kembali Danau Jatiluhur yang rusak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat; Petani KJA; Pilihan Rasional;
Subjects: Indonesia
Time
Education, Research
Farm, Farming > Organization and Management of Agriculture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: sinta yuliana
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:59
Last Modified: 07 Feb 2019 08:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18650

Actions (login required)

View Item View Item