Aplikasi pengetahuan umum Negara-Negara di Asia menggunakan metode Markerless Augmented Reality berbasis Android

Sufa’at, Ahmad (2016) Aplikasi pengetahuan umum Negara-Negara di Asia menggunakan metode Markerless Augmented Reality berbasis Android. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFATAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I (1-10).pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II (11-38).pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB-III (39-76).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV (77-99).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V (100-101).pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA (102-103).pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)

Abstract

INDONESIA Asia merupakan benua terbesar yang terbentuk dari banyak negara, tiap negara memiliki indentitas masing-masing, hal ini yang disebut salah satu pengetahuan umum yang bermanfaat bagi setiap kalangan baik pelajar maupun masyarakat umum. Berbagai aplikasi bermunculan untuk menjawab pemasalahan tersebut. Akan tetapi dari aplikasi tersebut memiliki kekurangan dalam memberikan informasi, informasi yang disampaikan hanya berupa pengetahuan mendasar dan disajikan dalam bentuk text saja. Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat menampilkan informasi yang bersifat virtual namun disajikan pada pandangan dunia nyata, dengan memanfaatkan teknologi augmented reality, maka kekurangan dari aplikasi sebelumnya dapat terjawab karena dengan teknologi ini globe 3D ditampilkan secara virtual. Aplikasi ini berjalan pada platform android, dimana daya smartphone cukup minim sehingga membutuhkan nature features tracking sebagai metode penangkapan gambar yang baik dan cepat. Pembuat bendera sebagai marker membutuhkan metode markerless augmented reality dikarenakan bendera memiliki warna yang tidak hanya hitam dan putih saja. Penggunaan aplikasi ini dengan memindai marker, jika cocok dengan dataset maka objek globe 3D tampil diatas marker dengan pointer mengarah ke lokasi negara, Informasi lebih detail akan muncul ketika pointer ditekan. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan menjadi media bantu pembelajaran dan memperluas wawasan. ENGLISH Asia is the biggest continent which is formed from many countries inside. Each country has a personal identity. This is called one of the knowledge having a useful thing either for students or for public. Many applications appear to answer the problems in need, but most of the applications have less than its information. The explaining information is just a basic understanding and it is provided in the text only. Augmented reality is the technology showing the information which has a virtual, but it is presented to the real world sight. Through using augmented reality, the decrease from the applications before can be solved because the 3D program will be presented with this technology. This application runs in android platform where the Smartphone energy is minimum enough, so it needs nature features tracking as the catching-picture method well and fast. The creature of flag as a Marker needs a markerless augmented reality method because the flag does not have only black and white color. The usage of this application is through scrutinizing marker. If it is suitable with the dataset, the object of global 3D will be seen up the marker with the pointer directing to the country location. The detail information will seem when the pointer is pressed. With this application, the researcher hopes it will become a helping media in a study and widen the understanding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asia; Augmented Reality; NFT; Markerless Augmented Reality; Pengetahuan Umum;
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:32
Last Modified: 20 Feb 2019 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18653

Actions (login required)

View Item View Item