Hubungan kecerdasan spiritual dengan kecenderungan berperilaku bullying: Studi komparatif di MAN 1 Garut dan SMA 2 Garut

Utami, Mutiara Dwi (2018) Hubungan kecerdasan spiritual dengan kecenderungan berperilaku bullying: Studi komparatif di MAN 1 Garut dan SMA 2 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya data kasus bullying dan membuktikan masih maraknya kasus bullying terjadi di dunia ini. Adapun ciri-ciri kecerdasan spiritual yang dikemukakan Danah Zohar dan Daniel Golemna., dan di dalamnya terdapat poin menyebabkan kerugian yang tidak perlu yang berarti enggan berbuat hal yang sia-sia. Bullying terjadi salah satu faktorya adalah tingkat kecerdasan spiritual yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kecerdasan spiritual siswa, keberadaan dari kasus bullying, serta hubungan kecerdasan spiritual dengan kecenderungan berperilaku bullying pada siswa MAN 1 Garut dan SMA 2 Garut. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner atau angket. Subjek penelitian diambil sebanyak 41 orang siswa MAN 1 Garut dan 42 orang siswa SMA 2 Garut dengan 40 item pertanyaan, dan validitas yang didapatkan sebanyak 39 item pertanyaan. Hasil uji hipotesis didapat nilai rxy= -0,483 dan p = 0,001 (p < 0,05) dan -nilai rxy= -0,483 dan p = 0,001 (p < 0,05) yang menunjukan bahwa di kedua sekolah tersebut terdapat hubungan yang signifikan dan negatif. Disimpulkan bahwa sebesar 23% di MAN 1 Garut dan sebesar 22% di SMA 2 Garut terdapat hasil yang signifikan dan negatif antara kecerdasan spiritual dengan bullying. Sisanya sebesar 77 di MAN 1 Garut dan 78% di SMA 2 Garut dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Semakin tinggi kecerdasan spiritual, akan semakin rendah tingkat kecenderungan berperilaku bullying, begitupun sebaliknya semakin rendah kecerdasan spiritual maka tingkat kecenderungan berperilaku bullying semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual; Bullying;
Subjects: Psychology > Experinmental Research
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mutiara Dwi Utami
Date Deposited: 11 Feb 2019 07:37
Last Modified: 11 Feb 2019 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18654

Actions (login required)

View Item View Item