Penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) berbasis praktikum untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan: Penelitian pre-eksperimen pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Cibarusah

Huda, Nurul (2018) Penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI) berbasis praktikum untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan: Penelitian pre-eksperimen pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Cibarusah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_sampul.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran biologi belum mampu membuat peserta didik berpartisipasi aktif yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menggunakan model SAVI berbasis praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model SAVI berbasis praktikum, menganalisis hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model SAVI berbasis praktikum, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap model SAVI berbasis praktikum pada materi sistem pencernaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel diambil kelas XI MIPA 2 berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan angket. Adapun untuk analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan model SAVI berbasis praktikum diperoleh rata-rata keterlaksanaan kegiatan guru sebesar 91,97% terlaksana sedangkan kegiatan peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 87,18% terlaksana dengan kriteria keduanya sangat baik. Hasil belajar diperoleh nilai pretest sebesar 47,78%, nilai posttest sebesar 76,39% dengan peningkatan sebesar 0,55% dengan kategori peningkatan sedang. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model SAVI berbasis praktikum memberikan respon positif yang ditandai dengan perolehan rata-rata sebesar 81,89% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI berbasis praktikum dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan dengan perhitungan statistik yaitu nilai thitung (15,81) > ttabel (2,03).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan; Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI); Praktikum; Hasil Belajar; Sistem Pencernaan Manusia;
Subjects: Education, Research
Science and Religion
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Miss Nurul Huda
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:58
Last Modified: 25 Feb 2019 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18692

Actions (login required)

View Item View Item