Pengaruh pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih pada PT. Bank Syari'ah Bukopin Tbk. periode 2015-2017

Hodijah, Siti (2018) Pengaruh pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah terhadap laba bersih pada PT. Bank Syari'ah Bukopin Tbk. periode 2015-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidaksesuaian antara teori dengan yang terjadi diluar lapangan, dimana yang seharusnya Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah naik maka Laba Bersih juga akan naik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Pengaruh Pembiayaan Mudharabah terhadap Laba Bersih; (2) mengetahui Pengaruh Pembiayaan Musyarakah terhadap Laba Bersih; (3) mengetahui pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah terhadap Laba Bersih pada PT.Bank Syari’ah Bukopin,Tbk. Kerangka pemikiran daam penulisan ini adalah nominal Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah. Semakin besar Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah suatu bank, semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank tersebut dan semakin baik pula posisi bank tersebut sehingga Laba Bersih yang merupakan indikator kesehatan bank semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, korelasi determinasi, uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan uji f. Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Bank Syari’ah Bukopin Periode 2015-2017 yang berasal dari website bi.go.id. Hasil penelitian ini menunjukkan:1)secara parsial Pembiayaan Mudharabah terhadap Laba Bersih dengan nilai Kd=0,8% berpengaruh positif secara signifikan terhadap Laba Bersih; 2) secara parsial Pembiayaan Musyarakah terhadap Laba Bersih dengan nilai Kd= 1,6% yang berarti Pembiayaan Musyarakah berpengaruh positif signifikan terhadap Laba Bersih; 3) dan secara simultan peranan Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah terhdap Laba Bersih dengan nilai Kd= 2,7% dan nilai signifikansinya 0,897 > 0,05 maka Ha ditolak dan H0 diterima yang artinya Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Laba Bersih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah; Pembiayaan Musyarakah; Laba Bersih;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: siti hodijah
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:18
Last Modified: 12 Feb 2019 04:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18713

Actions (login required)

View Item View Item