Khoerunnisa, Zulfa Fathussalma (2017) Pembuatan media komik berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai media pembelajaran kimia pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
Abstract
Larutan elektrolit dan nonelektrolit merupakan konsep kimia yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa perlu memahami konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit dengan baik. Salah satu cara untuk memahami konsep adalah dengan membaca buku ajar namun penyajian materi dalam buku ajar cenderung hanya mengejar pengayaan materi sehingga tidak menggugah kesadaran emosional siswa. Berdasarkan hal tersebut diperlukan media alternatif untuk menambah motivasi siswa untuk memahami dan membaca konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pembuatan, tampilan komik serta menganalisis hasil uji kelayakan komik berbasis PBL pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit. Melalui metode Design Based Research dengan model instruksional ADDIE telah dihasilkan produk berupa komik berbasis PBL pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit. Hasil penelitian yang dilakukan meliputi tahapan pembuatan komik berbasis PBL, tampilan komik serta hasil validasi dan uji coba terbatas. Rata-rata r hitung hasil validasi dan rata-rata persentase hasil uji coba terbatas pada aspek pembelajaran, aspek materi, aspek bahasa dan aspek grafika masing-masing sebesar 0,73; 0,79; 0,8; 0,8 dan 98,3%; 97,3%; 88,3%; 90%. Hal tersebut dikarenakan komik berbasis PBL pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit memuat tampilan yang menarik dan tampilannya sesuai dengan tahapan PBL yang telah diintegrasikan dengan indikator pembelajaran larutan elektrolit dan nonelektrolit, sehingga komik berbasis PBL pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik; ADDIE; Larutan Elektrolit; Nonelektrolit; |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:01 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18812 |
Actions (login required)
View Item |