Manajemen pembiayaan di Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah Tuban Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya

Aziz, Jajang Abdul (2019) Manajemen pembiayaan di Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah Tuban Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover1.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen di Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah Kabupaten Tasikmalaya berupaya mengelola pembiayaan atau manajemen pembiayaan seefektif dan seefisien mungkin dengan pengelolaan pembiayaan yang masih manual dan bersifat desntralisasi, namun dapat menutupi beberapa kekurangan pembiayaan meskipun dana yang didapat oleh madrasah kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembiayaan di Madrasah Aliyah Al-fadlliyah Tuban Tasikmalaya yaitu: 1) Latar alamiah, 2) perencanaan pembiayaan (budgeting), 3) pelaksanaan pembiayaan (accounting), 4) Pertanggung jawaban pembiayaan (auditing), 5) Faktor penunjang dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembiayaan. Manajemen merupakan suatu proses atau kerangka kerja yang terdiri dari perencanan, pelaksanaan, dan pengevaluasian dalam suatu organisasi yang nyata untuk mencapai tujuan yang optimal. Maka dalam hal manajemen pembiayaan memakai teori Thomas H Jones yang dilakukan Madrasah pun perlu adanya perencanaan/budgeting, pelaksanaan/accounting, dan pengevaluasian/auditing sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik yaitu efektif,efisien dan mnentukan skala prioritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif manajemen pembiayaan di Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah Tuban. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi atau teknik menyalin. Dari hasil penelitian dan data yang didapat diperoleh simpulan bahwa Madrasah Aliyah Al-fadlliyah dapat mengelola pembiayaan dengan efisien sesuai dengan skala prioritas yang dibutuhkan meskipun pengelolaan pembiayaan belum efektif. Manajemen pembiayaan tersebut meliputi Perencanaan pembiayaan (budgeting) di Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah dilakukan dengan terlebih dahulu menyusun Rencana anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah selama satu tahun ajaran. Ini memperhatikan prinsip efektivitas, efisiensi dan skala prioritas yang berorientasi pada keberlangsungan proses pendidikan dan proses belajar mengajar. Pelaksanaan pembiayaan (Accounting) ini di bagi kedalam dua bagian yaitu penerimaan dan pengeluaran. Penerimaan keuangan Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah yang berupa Bantuan Operasional Sekolah, dan yang dari masyarakat berupa iuran SPP, iuran kegiatan Osis dan ekstrakurikuler. Pengeluaran keuangan madrasah yaitu untuk memenuhi segala kebutuhan kegiatan Madrasah. Pertanggungjawaban pembiayaan (Auditing) Evaluasi pembiayaan Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah dilakukan oleh kepala madrasah dan komite madrasah dan kemudian melaporkan kepada pihak yayasan secara berkala. Evaluasi ini dilakukan pada setiap akhir semester.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembiayaan; Madrasah
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: jajang abdul aziz
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:38
Last Modified: 14 Feb 2019 08:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18837

Actions (login required)

View Item View Item