Hidayat, Jeje Jamil (2019) Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah Babussalam Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
Abstract
Fungsi pendidikan adalah untuk menyiapkan manusia muda yang berkualitas, menyiapkan tenaga kerja dan menyiapkan warga negara yang baik Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa, yang artinya semakin tinggi tingkat pendidikan semakin maju pula suatu bangsa tersebut. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Latar alamiah madrasah, 2) Perencanaan, seleksi dan pengangkatan tenaga pendidik dan kependidikan madrasah, 3) Peningkatan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan madrasah, 4) Kompensasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan madrasah, 5) Pengem-bangan karir tenaga pendidik madrasah, 6) Pemberhentian tenaga pendidik dan kependidikan madrasah. Penelitian ini berangkat dari pemikiran UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, sebagai tenaga tenaga profesional mempunyai misi untuk mengangkat martabatnya, menjamin hak dan kewajibannya, meningkatkan kompetensi, memajukan profesi serta karir, meningkatkan mutu pembelajaran, meningkatkan mutu pendidikan nasional, mengurangi kesenjangan tenaga pendidik, dan meningkatkan pelayanan pendidikan bermutu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu meng-gambarkan dan mengungkapkan fakta yang ada di lapangan, yang kemudian dije-laskan secara deskriptif dengan kata-kata ataupun uraian-uraian. Penelitian dilakukan dengan cara studi penelitian untuk mendapatkan data-data yang otentik dengan menentukan jenis data, menen-tukan sumber data, menentukan metode dan teknik pengumpulan data. Kemudian data yang dianalisis diuji keabsahan datanya yang disepakati oleh lembaga yang diteliti yang dilakukan di Madrasah Aliyah Babussalam Dari hasil penelitian dan data yang didapatkan dari pelaksanaan manajemen tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah Babussalam dapat ditarik simpulan bahwa keberhasilan yang telah diraih setelah pelaksanaan manajemen tenaga pendidik dan kependidikan yaitu dengan SDM yang seadanya mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dengan lulusan-lulusan seko-lah/madrasah negeri dalam dunia kerja maupun dalam masuk perguruan tinggi negeri. Dilihat dari aktifitas yang dilakukan Madrasah Aliyah Babussalam mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan yang masuk ke dalam organisasi pendi-dikan sampai akhirnya berhenti melalui proses perencanaan SDM, seleksi, peningkatan tenaga kerja, pemberian kompensasi, pembinaan karir dan pembi-naan, serta proses pemberhentian tenaga pendidik dan kependidikan dengan me-ngarah pada pembangunan pendidikan yang bermutu, membentuk SDM yang produktif, kreatif dan berprestasi bagi Madrasah Aliyah Babussalam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Tenaga Pendidik dan Kependidikan; Madrasah Aliyah |
Subjects: | General Management > Personnel Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | jeje jameel |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 09:07 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 09:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18840 |
Actions (login required)
View Item |