Peran Pesantren Budaya Giri Harja dalam mensosialisasikan ajaran Islam pada Masyarakat Jelekong: Studi pada Masyarakat Jelekong di Kelurahan Jelekong Kecamatan Bale Endah Kabupaten Bandung

Sobari, Guna Minggarandra (2018) Peran Pesantren Budaya Giri Harja dalam mensosialisasikan ajaran Islam pada Masyarakat Jelekong: Studi pada Masyarakat Jelekong di Kelurahan Jelekong Kecamatan Bale Endah Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Setiap pesantren selalu beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dalam penyebaran agama Islam di setiap daerahnya masing-masing. Di pesantren pada umumnya, santri selalu mengaji kitab kuning, menetap di pondok dan belajar secara formalitas dengan materi dan metode yang ada di pesantren. Namun berbeda dengan pesantren budaya yang ada di Giri Harja yang membina para muridnya untuk menjadi dalang profesional yang cinta seni budaya Jawa Barat yaitu Wayang Golek yang dibalut dengan bentuk islami dalam penampilannya, dengan bentuk pengajarannya tidak formal tetapi diajarkan ilmu ketuhanan (Tauhid) sebagai bentuk sy’iarnya. Dengan metode pembelajaran seperti itu Pesantren Budaya Giri Harja bertekad untuk menguatkan iman islam masyarakat Jelekong yang mayoritas Islam penduduknya. Tujuan penelitian ini untuk memahami secara mendalam Peran Pesantren Budaya Giri Harja dalam mensosialisasikan ajaran Islam pada masyarakat Jelekong. Serta mampu menjelaskan sejarah berdirinya Pesantren Budaya Giri Harja yang mampu diterima keberadaannya oleh masyarakat Jelekong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan konsep konstruksi kebudayaan dari Peter Ludwig Berger, yang mengatakan “Kebudayaan merupakan konstruksi manusia, dan agama sebagai bagian dari sistem kebudayaan juga merupakan konstruksi manusia”. Temuan dari penelitian ini bahwa pesantren budaya dengan pesantren umum memiliki perbedaan dalam metode pembelajarannya. Pesantren Budaya Giri Harja merupakan tempat pelatihan dalang dengan diajarkan ilmu agama tauhid sebagai syi’ar Islam pada masyarakat Jelekong. Dan Pesantren Budaya Giri Harja sebagai magnet dalam perekonomian masyarakat Jelekong sehingga menjadikan perekonomian Jelekong sangat baik dan meningkat, sehingga dinobatkan sebagai kampung perekonomian termaju di Kecamatan Baleendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat; Pesantren; Budaya
Subjects: Religious Experiences
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Guna Minggarandra Sobari
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:24
Last Modified: 30 Apr 2019 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18939

Actions (login required)

View Item View Item