Meningkatkan kemampuan kognitif anak pada pembelajaran sains melalui metode eksperimen: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelompok b RA Al-Ikhlas Singaparna Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019

Fauziah, Zulfa (2018) Meningkatkan kemampuan kognitif anak pada pembelajaran sains melalui metode eksperimen: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelompok b RA Al-Ikhlas Singaparna Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak pada pembelajaran sains melalui metode eksperimen di kelompok B. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelompok B. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan metode eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 39,24 dengan kriteria kurang sekali. Setelah penerapan metode eksperimen, kemampuan kognitif anak pada pembelajaran sains mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 70% dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas anak pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 65,39% dengan kriteria cukup dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 84,62% dengan kriteria baik. Selain itu, kemampuan kognitif anak pada pembelajaran sains pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 54 dengan kriteria kurang dan pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 76,48 dengan kriteria baik. Dengan demikian penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak pada pembelajaran sains di kelompok B. ENGLISH This study aims to improve children’s cognitive abilities in science learning through experimental methods in group B. The study used the mixed methods approach. This type of research is collaborative classroom action research. Research subjects in group B. Techniques for collecting data through observation, interviews and documentation. Data analysis techniques were carried out in qualitative descriptive and quantitative. The results showed that before the experimental method was applied it was obtained an average of 39,24% with very few criteria. After the application of the experimental method, children’s cognitive abilities in science learning have increased every cycle. This can be seen from the activities of teachers in the first cycle obtained an average of 70% with sufficient criteria and in the second cycle obtained an average of 90% with very good criteria, while the activities of children in the first cycle obtained an average of 65,39% with sufficient criteria and in the second cycle obtained an average of 84,62% with good criteria. In addition, children’s cognitive abilities in science learning in the first cycle obtained an average of 54 with less criteria an in the second cycle obtained an average of 76,48 with good criteria. Thus the application of experimental methods can improve children’s cognitive abilities in science learning in group B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif; metode eksperimen; pembelajaran sains;
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: zulfa fauziah
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:40
Last Modified: 19 Feb 2019 09:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item