Nurpikriyah, Helwa (2018) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII SMP IT Al-Falah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1 COVER MUNAQOSAH.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
Abstract
Belajar mengajar adalah proses timbal balik hubungan antara pelajar (siswa) dan pendidik (guru) untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi serta hubungan timbal balik antara pendidik dengan peserta didik merupakan syarat paling utama bagi keberlangsungannya proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMP IT Al-Falah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment), dengan sampling jenuh sebagai teknik pengambilan sampel selama 2 minggu. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa kelas VII B sebagai kelas tanpa perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai hasil belajar pada kelas menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning masuk dalam kategori baik (78.21), dengan peningkatan hasil belajar (N-Gain) sebesar 0,47 (kategori sedang). Kelas tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning masuk dalam kategori cukup (68.04) dengan peningkatan hasil belajar (N-Gain) sebesar 0,32 (kategori rendah). Pembelajaran menggunakan Problem Based Learning memperoleh respon sebesar 4.1% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP IT Al-Falah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ciri-ciri makhluk hidup; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Problem Based Learning; SMP IT Al-Falah; |
Subjects: | Biology > Data Processing and Analysis of Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Helwa Nurpikriyah |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 06:22 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 06:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18966 |
Actions (login required)
View Item |