Pengaruh Pembelajaran Berbasis Praktikum Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Ekskresi Manusia terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa: penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Cicalengka Kabupaten Bandung

Khairany, Kiki Zakiah (2017) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Praktikum Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Ekskresi Manusia terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa: penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2._ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (993kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran biologi yang idealnya diajarkan sesuai dengan hakikatnya sebagai sains yaitu mengacu pada proses, produk, dan sikap ilmiah. Hakikat sains ini menuntut pembelajaran sains bukan hanya berupa transfer ilmu namun sebuah proses kontruktivisme yang memfasilitasi siswa untuk melatihkan keterampilan, membangun kemampuan kognitifnya sendiri, dan menumbuhkan sikap positif. Dari sekian banyak keterampilan yang harus dikembangkan melalui pembelajaran biologi keterampilan proses sains merupakan salah satu keterampilan yang penting untuk dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran berbasis praktikum inkuiri terbimbing, menganalisis keterampilan proses sains (KPS) siswa dengan dan tanpa pembelajaran berbasis praktikum inkuiri terbimbing, menganalisis respon siswa dengan dan tanpa pembelajaran berbasis praktikum inkuiri terbimbing, dan menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis praktikum inkuiri terimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian yang diambil hanya dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 5 yang akan digunakan sebagai kelas berbasis praktikum inkuiri terbimbing dengan jumlah siswa 48 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas tanpa berbasis praktikum inkuiri terbimbing dengan jumlah siswa 48 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas berbasis praktikum inkuiri terbimbing memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,87 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada kelas tanpa berbasis praktikum inkuiri terbimbing memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan pada kelas berbasis praktikum inkuiri terbimbing dan kelas tanpa berbasis praktikum inkuiri terbimbing menunjukkan bahwa thitung (0,28) < ttabel (1,99) artinya H0 diterima dan Ha ditolak maka dapat disimpulkan pembelajaran berbasis praktikum inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi manusia tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri; Sistem Ekskresi; Manusia;
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 20 Feb 2019 09:36
Last Modified: 20 Feb 2019 09:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/18982

Actions (login required)

View Item View Item