Manajemen penilaian kinerja guru di Madrasah Aliyah Yayasan Penidikan Islam Pulosari Blubur Limbangan

Irman, Deni (2015) Manajemen penilaian kinerja guru di Madrasah Aliyah Yayasan Penidikan Islam Pulosari Blubur Limbangan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi agar terciptanya tenaga pendidik yang berkualitas, sehingga menuntut pemimpin lembaga pendidikan turut berperan aktif dalam penilaian kinerja pendidikan atau guru. Penilaian kinerja guru pada hakikatnya merupakan suatu kegiatan untuk membina dan mengembangkan potensi tenaga pendidik yang dilakukan dari guru, oleh guru dan untuk guru. Kualitas tenaga pendidik masih dihadapkan dengan berbagai masalah, seperti banyaknya guru yang mengajar tidak berdasarkan kualifikasi akademik atau sertifikat pendidik/keahlian yang dimiliki serta banyaknya guru yang tidak memiliki kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) latar alamiah Madrasah Aliyah YPI Pulasari Blubur Limbangan, (2) perencanaan penilaian kinerja guru di Madrasah Aliyah YPI Pulosari Blubur Limbangan, (3) pelaksanaan penilaian kinerja guru di Madrasah Aliyah YPI Pulosari Blubur Limbangan (4) pengawasan penilaian kinerja guru di Madrasah Aliyah YPI Pulosari Blubur Limbangan, (5) hasil penilaian kinerja guru di Madrasah Aliyah YPI Pulosari Blubur Limbangan. Penilaian ini berangkat dari pemikiran bahwa pentingnya peranan manajemen, khususnya manajemen penilaian kinerja guru dalam lembaga pendidikan, karena penilaian kinerja guru mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah direncanakan. Metode penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian terhadap fenomena dan gejala yang bersifat alami. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dan diuji keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan auditing untuk kriteria kepastian. Berdasarkan hasil penelitin, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) latar alamiah pada penelitian ini adalah MA YPI Pulosari Blubur Limbangan berada dibawah tanggung jawab Kementerian Agama RI yang memiliki keunggulan dalam prestasi akademik. (2) perencanaan penilaian kinerja dilakukan oleh kepala Madrasah dan wakil kepala Madrasah untuk menentukan kegiatan dalam meningkatkaan kinerja guru. (3) pelaksanaan pembekalan dalam meningktkan kinerja guru salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan berupa Iworkshop. (4) pengwasan penilaian kinerja tenaga pendidik dilaksanakan secara langsung pada proses pembelajaran dan pada forum rapat guru. (5) hasil yang dicapai dalam penilaian kinerja guru di MA YPI Pulosari Blubur Limbangan menunjukan hasil yang amat baik dari mayoritas tenaga pendidik yang ada dengan mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kinerja; Guru; Madrasah Aliyah;
Subjects: General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: deni irman
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:00
Last Modified: 22 Feb 2019 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19027

Actions (login required)

View Item View Item