Rosydiana, Hana (2017) Pemaknaan Tanda dalam Iklan Rokok berdasarkan Teori Roland Barthes. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRACT.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_TABLE OF CONTENTS.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_CHAPTER 1.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_CHAPTER II.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
||
Text (BAB III)
6_CHAPTER III.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
Abstract
INDONESIA Iklan telah menjadi salah satu cara persuasif untuk mempromosikan produk. Hal ini menjadikan sebuah stereotip dan memiliki makna tertentu atau dimanipulasi oleh visualisasi iklan rokok. Tujuan utama dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui tanda dalam iklan rokok berdasarkan teori Roland Barthes. 2. Memahami pemaknaan tanda dalam iklan rokok berdasarkan teori Roland Barthes. Peneliti menggunakan teori Semiotic Roland Barthes, yang menjelaskan tentang Significant System yang berisi tingkat pertama adalah denotasi atau bentuk bahasa termasuk penanda, petanda, dan tanda. Kemudian, sistem sekunder adalah bentuk mitos termasuk masuknya tanda tingkat pertama, penanda konotasi, petanda konotasi, dan tanda sebagai mitos. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode deskriptif. Data diambil dari situs Youtube. Bisa ditemukan ada lima iklan rokok tersebut; Djarum 76 Senyum Indonesia, L.A Be Bold, Hoverboard Djarum Super Mild, Lucky Strike Mild, U Mild Makin Dekat Makin Nekat. Hasil penelitian yang mewakili pria jantan, mewakili kehidupan modern, pemaknaan dari keunggulan produk luar. Selain itu, dapat diketahui bahwa produsen iklan rokok menjelaskan rasa produknya melalui slogan. Selain slogan sederhana tersebut, produser dapat mempromosikan produknya atau menciptakan stereotip pada konsumen untuk mendapat perhatian. ENGLISH Advertisement has become one of the persuasive ways in order to promote the product. It makes certain stereotype and meaning or manipulated by visualization of the cigarette advertisements. The main purposes of this research are: 1. To find out the sign in the cigarette advertisements based on Roland Barthes theory. 2. To understand the interpretation of sign in cigarette advertisements based on Roland Barthes theory. The researcher uses Semiotic Roland Barthes theory, which is describing about Significant System contains the first level is denotation or language form includes signifier, signified, and sign. Then, secondary system is form of myth includes sign in first level signification, connotation signifier, connotation signified, and sign as myth. In that case the researcher use descriptive method. The data taken from Youtube site. It can be found there are five cigarette advertisements are; Djarum 76 Senyum Indonesia, L.A Be Bold, Hoverboard Djarum Super Mild, Lucky Strike Mild, U Mild Makin Dekat Makin Nekat. The result of the research are the meaning of manly man representation, the meaning of modern life representation, the meaning of superior from outsider’s product. Besides, It can be found that the producer of cigarette advertisements explain the taste of the product through slogan. In addition to those simple slogan, the producer be able to promote their product or created a stereotype to consumers in order to make the attention.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotik; Sistem Signifikansi; Pemaknaan Tanda; Iklan Rokok; |
Subjects: | English |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 07:49 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 07:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19072 |
Actions (login required)
View Item |