Model KKN Internasional untuk mahasiswa calon guru di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam

Saehu, Andang (2018) Model KKN Internasional untuk mahasiswa calon guru di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam. Project Report. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
Model KKN Internasional.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menggambarkan pelaksnaan KKN Internasional yang selama ini dilakukan di perguruan tinggi Isam di bawah pengeloaan Kementrian Agama Republik Indonesia dan Kementrian Riset dan Teknologi. Secara khusus penelitian berusaha mengungkap : (1) pelaksanaan KKN Internasional yag dilakukan selama ini; (2) keefektifan pelaksanaan KKN Internasional dilihat dari respons stake holder maupun peserta.; dan, (3) rumusan model KKN Internasional untuk calon guru di PTAI. Untuk mencapai tujuan tersebut studi eksplorasi dilakukan dengan pendekatan descriptive qualitative. Penelitian melibatkan 2 Perguruan Tinggi Islam dan 3 Perguruan Tinggi Umum dimana stakeholder sebagai responden utama. Informasi di lapangan digali dengan menggunakan teknik wawancara, analisa dokumen, dan penyebaran angket. Setelah data terkumpul dan diolah penelitian menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) KKN internasional yang diselenggarakan selama ini mempunyai perbedaan dari satu perguruan tinggi ke perguruan tinggi yang lainnya. Perbedaan terletak pada beberapa hal, antara lain: lamanya waktu pelaksanaan, sumber pembiayaan, keterlibatan pihak pimpinan, peserta, materi pelatihan, pengelola kegiatan, dan evaluasi kegiatan; (2) KKN Internasional merupakan program yang penting, oleh karenanya; merasa perlu bahkan sangat perlu untuk dilakukan; dan (3) model KKN Internasional untuk calon guru di PTAI yang berdasarkan analisa kebutuhan dilapangan memiliki karakateritik unik dari aspek: (a) lamanya pelaksanaan;(b) negara tujuan; (c) besaran biaya yang diperlukan; (d) frekuensi monitoring yang diperlukan; (e) peserta yang yang terlibat; (f) pihak-pihak yang terlibat, (f) tim pengelola kegiatan, dan (g) materi kegiatan yang diperlukan. Penelitian merekomendasika hal-hal berikut: (1) melakukan analisa kebutuhan lapangan sebelum KKN dilaksanakan, (2) melakukan persiapan yang matang, (c) melakukan refleksi pada setiap tahap pelaksanaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: KKN Internasional; Perguruan Tinggi Agama Islam; Internasionalisasi Perguruan Tinggi; Prosedur KKN Internasional; Pelaksanaan
Subjects: Relationship of Libraries > Relationships with Government
Adult Education > Distance Education
Adult Education > Geographic Treatment of Adult Education
Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sastra Inggris
Depositing User: Dr Andang Andang Saehu
Date Deposited: 26 Feb 2019 06:25
Last Modified: 26 Feb 2019 06:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19094

Actions (login required)

View Item View Item