Nurjanah, Siti (2017) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa melalui pembelajaran kompetisi antar kelompok dengan strategi konflik kognitif. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2 Kajian Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3 Hasil Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4 Simpulan.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy melalui pembelajaran Kompetisi Antar Kelompok (KAK SKK). Jenis penelitian eksperiment Equivalent Pretess-Posttest Control Group Design. Intrumen yang digunakan adalah tes komunikasi matematis, sedangkan non-tes yaitu lembar observasi dan skala self-efficacy Analisis data kuantitatif dengan uji Kolmogorov Smirnov, uji Bartlett, uji ANOVA Satu Jalur, dan uji lanjut (Scheffe). Penelitian dilaksanakan di SMA Al Ma’soem Bandung dengan melibatkan 73 orang siswa sebagai sampel dengan 25 orang kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen satu, 24 orang kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol dan 24 orang kelas X MIA 7 sebagai kelas eksperimen dua. Hasil temuan menunjukkan: Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran KAK SKK lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran Kompetisi Antar Kelompok (KAK) dan konvensional. Self-efficacy siswa pada pembelajaran KAK SKK dan KAK mengalami peningkatan. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis dapat diminamilisir. Kesimpulan: pembelajaran KAK SKK dapat memfasilitasi proses konflik, proses interaksi sosial, proses kompetisi sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi lebih baik dari pada pembelajaran KAK dan konvensional. Pembelajaran KAK SKK dan KAK menjadikan self-efficacy siswa mengalami peningkatan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi matematis; self-efficacy; pembelajaran kompetisi antar kelompok dengan strategi konflik kognitif; |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 07:50 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 07:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19109 |
Actions (login required)
View Item |