Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap sistem bisnis periklanan GOOGLE ADSENSE

Muhamad, Adi (2018) Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap sistem bisnis periklanan GOOGLE ADSENSE. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Bisnis dengan sistem PPC (Pay Per Click) ini merupakan hal yang baru, sehingga masih banyak kelemahan di dalam sistemnya, sebagai contoh untuk bergabung di dalam Google AdSense, maka pemilik situs, wajib membuat kesepakatan yang dibuat secara sepihak oleh pihak Google, sehingga akad atau perjanjian sepenuhnya dibuat oleh Google dan orang yang akan bekerjasama atau bergabung di dalam program Google AdSense harus menyepakati peraturan yang dibuat oleh Google dengan cara mengklik kebijakan Google. Selain itu Google berhak mengeluarkan banned atau mengeluarkan sebuah situs apabila situs tersebut dicurigai melakukan kecurangan dan iklan yang ditampilkan oleh Google bersifat acak sehingga iklan yang ditampilkan bersifat sangat umum, dari iklan penjualan buku sampai pada penjualan minuman keras, pornografi, judi, kasino, kredit dan sebagainya yang dilarang dalam Islam. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap bisnis periklanan Google AdSense dan bagaimana ketentuan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksaanaan akad antara publisher dan Google. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Sedangkan pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif, yaitu suatu cara pendekatan terhadap masalah yang diteliti dengan berdasarkan aturan yang terdapat dalam al-Qur’an dan al-Hadits yang berhubungan dengan permasalahan kerjasama antara publisher dan Google AdSense. Hasil penelitian yang di temukan bahwa pelaksanaan sebelum mendaftar di Google AdSense, pendaftar harus memiliki web/blog terlebih dahulu lalu mendaftar dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh pihak Google AdSense. Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan akad yang terjadi antara Publisher dan Google tidak membolehkan bergabung dalam program Google AdSense kecuali setelah memastikan bersihnya berbagai situs yang diiklankan dari hal-hal yang haram, karena tidaklah diperbolehkan mengumumkan, mengiklankan, dan membantu untuk menyebarkan kemungkaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Google Adsense; Iklan; Akad; Syirkah;
Subjects: Islam
Econmics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: adi Muhamad
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:13
Last Modified: 05 Mar 2019 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19200

Actions (login required)

View Item View Item