Pengajaran Grammar in Context untuk mengurangi kesalahan tatabahasa mahasiswa dalam penerjemahan

Saehu, Andang (2016) Pengajaran Grammar in Context untuk mengurangi kesalahan tatabahasa mahasiswa dalam penerjemahan. Project Report. Fakultas Adab dan Humaniora, Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER - pengajaran grammar.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Full Text)
Pengajaran Grammar in COntext dalam Penerjemahan.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah pengajaran Grammar in Context dapat mengurangi berbagai kesalahan tatabahasa (grammar) ketika menerjemahkan sebuah teks keagamaan atau tidak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan strategi pengajaran Grammar in Context sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah mahasiswa semester II STBA 11 April, Sumedang. Dalam proses pengumpulan data, wawancara dan dua tes penerjemahan dilakukan sebagai instrumen penelitian, yaitu pretest dan postest dimana para mahasiswa diharuskan menerjemahkan teks keagamaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penerjemahan teks keagamaan saat pretest masih ditemukan 80% mahasiswa melakukan kesalahan-kesalahan tatabahasa saat menerjemahkan. Akan tetapi, setelah diterapkannya strategi pengajaran Grammar in Context, kemampuan mereka mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil postest, 80% mahasiswa menunjukan sangat berkurangnya kesalahan-kesalahan tatabahasa. Bahkan, hasil wawancara mendukung temuan penelitian ini bahwa dari segi atmosfir akademik, mereka sangat senang, enjoy, dan termotivasi dengan strategi pengajaran Grammar in Context. Hasil wawancara juga menunjukan bahwa dari segi kemampuan dalam penerjemahan, strategi pengajaran Grammar in Context telah membantu meningkatkan kemampuan mereka dalam menerjemahkan teks keagamaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Dr Andang Andang Saehu
Date Deposited: 04 Mar 2019 06:17
Last Modified: 21 Feb 2020 03:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item