Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik: Penelitian di kelompok B RA Ar-Rahmat Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2018/2019

Aisah, Asmarani Nur (2018) Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik: Penelitian di kelompok B RA Ar-Rahmat Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di RA Ar-Rahmat, yakni masih terdapat beberapa anak yang mengalami ketergantungan yang tinggi kepada orang lain khususnya ibu, sulit mengambil keputusan untuk dirinya dalam hal belajar, kesulitan mengerjakan tugas dari guru, bahkan ada pula anak yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Realitas kemandirian belajar anak usia dini; 2) Realitas hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik; dan 3) Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik di Kelompok B RA Ar-Rahmat Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertolak dari beberapa teori yang menyatakan bahwa tinggi rendahnya hasil belajar anak dipengaruhi oleh kemandirian belajar. Dari beberapa teori tersebut dapat dirumuskan sebuah hipotesis bahwa semakin tiggi kemandirian belajar anak usia dini, maka semakin tinggi pula hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik. Sebaliknya, semakin rendah kemandirian belajar anak usia dini, maka semakin rendah pula hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Teknik yang digunakan ialah observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasional. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 26 anak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa realitas kemandirian belajar anak usia dini termasuk ke dalam kategori baik dengan skor rata-rata 2,96 karena berada pada interval 2,1 – 3, realitas hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,31 karena berada pada interval 3,1 - 4. Adapun hubungan kedua variabel ditunjukkan oleh harga koefisien korelasi sebesar 0,52 Hal ini berarti masuk pada kualifikasi sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan harga thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu (t hitung = 3 > t tabel = 2,064) sehingga Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar anak usia dini (variabel X) dengan hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik (variabel Y). Adapun kadar pengaruhnya sebesar 15%. Dengan demikian, hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik di Kelompok B RA Ar-Rahmat Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat 15% dipengaruhi oleh kemandirian belajarnya. Jadi sisanya 85% hasil belajar anak usia dini pada aspek perkembangan fisik motorik dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kemandirian Belajar; Korelasi;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Asmarani Nur Aisah
Date Deposited: 04 Mar 2019 09:11
Last Modified: 04 Mar 2019 09:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19227

Actions (login required)

View Item View Item