Pengaruh kualitas usaha nasabah pembiayaan dan kompetensi analis pembiayaan terhadap tingkat profitabilitas di Bank Syariah Mandiri cabang Pembantu Banjar

Nurlaila, Ihda (2017) Pengaruh kualitas usaha nasabah pembiayaan dan kompetensi analis pembiayaan terhadap tingkat profitabilitas di Bank Syariah Mandiri cabang Pembantu Banjar. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (879kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)

Abstract

INDONESIA: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh kualitas usaha nasabah pembiayaan dan kompetensi analis pembiayaan terhadap tingkat profitabilitas di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Banjar, hipotesis yang diajukan adalah kualitas usaha nasabah pembiayaan dan kompetensi analis pembiayaan berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Banjar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas usaha nasabah pembiayaan dan kompetensi analis pembiayaan terhadap tingkat profitabilitas di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Banjar, untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi tingkat profitabilitas. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan dalam penelitian ini adalah teori kualitas usaha, khususnya yang berkaitan dengan kemampuan nasabah dalam mengelola usahanya, teori dan konsep tentang kompetensi analis pembiayaan serta teori dan konsep tentang tingkat profitabilitas. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah bahwa Tingkat Profitabilitas suatu perusahaan termasuk di perbankan setidaknya dipengaruhi oleh lancar tidaknya pembiayaan yang disalurkan kepada nasabah, dan dipengaruhi juga oleh kemampuan atau kompetensi yang dimiliki analis pembiayaan dalam menganalisa kondisi usaha nasabah yang akan diberikan kredit atau pembiayaan Populasi penelitian ini adalah nasabah pembiayaan serta pegawai analis pembiayaan serta perwakilan marketing di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Banjar, yang menjadi objek penelitian berjumlah 40 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan melalui kuesioner, serta laporan keuangan yang terkait dengan profitabilitas. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda. Pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan menggunakan sofware SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas usaha nasabah dan kompetensi analis pembiayaan secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat profitabilitas di Bank Syariah Mandiri Cabang Pembantu Banjar. Variabel yang dominan berpengaruh signifikan terhadap tingkat profitabilitas adalah kualitas usaha nasabah pembiayaan. Nilai koefisien determinasi (R Square) diperoleh sebesar 82,3%. Hal ini berarti bahwa variabel dependen yaitu tingkat profitabilitas dapat dijelaskan oleh variabel independen kualitas usaha nasabah pembiayaan dan kompetensi analis pembiayaan sebesar 82,3%. Sedangkan sisanya sebesar 17,7% dijelaskan oleh variabel independen lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. ENGLISH: The problem of this research is the extent to which effect the quality of the customer's business financing and competence analysts financing the level of profitability at Bank Syariah Mandiri Branch Banjar, the proposed hypothesis is the quality of the customer's business financing and competence analysts financing affect the level of profitability at Bank Syariah Mandiri Branch Banjar. The purpose of this study was to determine and analyze the influence of the quality of customer financing efforts and financial analysts competence on the level of profitability at Bank Syariah Mandiri Branch Banjar, to determine where the dominant variable affecting the level of profitability. The theories used to support the discussion in this research is the theory of the quality of the business, especially with regard to the client's ability to manage its business, theories and concepts of financing and analyst competence theories and concepts about the level of profitability. The framework in this study is that the level of profitability of a company included in the banking least affected by the current absence of financing provided to customers, and is also influenced by the ability or competency of financing analysts in analyzing the customer's business conditions will be given credit or financing This study population is financing customers and employees as well as representatives of marketing finance analyst at Bank Syariah Mandiri Branch Banjar, which became the object of study of 40 people. Methods of data collection through interviews, questionnaires through questionnaires, as well as the financial statements related to the profitability. Model analysis used is multiple linear regression analysis. Hypothesis testing simultaneously or partially performed using SPSS software version 13. The results showed that the quality of the customer's business and financial analysts competence simultaneously or partially significant effect on the level of profitability at Bank Syariah Mandiri Branch Banjar. The dominant variable significant effect on the level of profitability is the quality of customer financing efforts. The coefficient of determination (R Square) of 82.3% was obtained. This means that the dependent variable is the level of profitability can be explained by the independent variable quality of customer financing efforts and competence of analysts financing of 82.3%. While the remaining 17.7% is explained by other independent variable that is not included in this research model.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Usaha Nasabah; Kompetensi Analis Pembiayaan; Profitabilitas
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 05 Mar 2019 01:56
Last Modified: 27 Jun 2022 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19240

Actions (login required)

View Item View Item