Penanaman pilar-pilar pendidikan karakter dalam pembentukan akhlak karimah siswa: Penelitian di Madrasah Aliyah Darul Fattah Sukaharapan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat

Nurdiana, Nurdiana (2018) Penanaman pilar-pilar pendidikan karakter dalam pembentukan akhlak karimah siswa: Penelitian di Madrasah Aliyah Darul Fattah Sukaharapan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Penanaman Pilar-Pilar Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Karimah Siswa (Penelitian di MA Darul-Fattah Sukaharapan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat). Adanya kesenjangan antara upaya sekolah dalam membentuk akhlak karimah siswa melalui penanaman pilar-pilar pendidikan karakter di sekolah dengan akhlak siswa sehari-hari, terutama ketika berada di rumah dan masyarakat. Dapat dilihat kenakalan-kenakalan yang dilakukan siswa diantaranya ngelem, tindakan asusila siswa dan lain-lainnya di rumah dan di masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ibn Miskawaih dalam bukunya Tahzhib Al-Akhlaq wa Tathhir Al-‘Araq, Karakter manusia tidak permanen, melainkan menerima perubahan melalui proses pendidikkan. Teori Al-Ghazali, Indikator akhlak karimah diantaranya: merasa malu untuk melakukan kejahatan, tidak menyakiti orang lain, berkelakuan baik, berkata jujur, berbicaya hal yang baik saja, tidak mengulangi kesalahan, selalu tenang, sabar, selalu bersyukur, ridha dengan realita kehidupan, bijaksana dan lemah lembut, pandai menjaga kesucian dan harga diri, tidak mencela, mengadu domba, dan tidak menfitnah, tidak tergesa-gesa, tidak dengki, tidak kikir, tidak munafik, mencintai dan membenci karena Allah, ridha karena Allah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang: 1) Penanaman pilar-pilar pada siswa di MA Darul-Fattah Sukaharapan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. 2) Proses penanaman pilar-pilar pendidikan karakter pada siswa di MA Darul-Fattah Sukaharapan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. 3) Keberhasilan penanaman pilar-pilar pendidikan karakter pada pembentukan akhlak karimah siswa di MA Darul-Fattah Sukaharapan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penanaman pilar-pilar pendidikan karakter di MA Darul-Fattah Sukaharapan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan melalui program pembelajaran karakter, keagamaan sekolah, budaya kejujuran, 5S, kegiatan ektrakurikuler, peduli sosial, dan peringatan hari besar nasioanal. 2) Proses penanaman pilarpilar pendidikan karaker di MA.Darul Fattah Sukaharapan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat menerapkan stategi pembelajaran di kelas, budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode yang digunakan yaitu metode pembiasaan dan metode keteladanan. 3) Keberhasilan penanaman pilar-pilar pendidikan karakter bisa dikatakan berhasil tetapi belum maksimal membentuk akhlak karimah siswa. Dari indikator akhlak karimah menurut Al-Ghazali hanya beberapa akhlak yang diterapkan siswa diantaranya merasa malu untuk melakukan kejahatan, tidak mengulangi kesalahan, bijaksana dan lemah lembut, tidak kikir pandai menjaga kesucian dan harga diri yang diterapkan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pilar-Pilar Pendidikan Karakter; Pembentukan Akhlak Karima siswa;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur diana
Date Deposited: 06 Mar 2019 01:58
Last Modified: 13 Jan 2022 02:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19254

Actions (login required)

View Item View Item