Awaludin, Ridha (2016) Penerapan metode Talking Stick dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran piqih materi puasa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (488kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di MTs Al-Baroroh, yakni keaktifan belajar siswa berada pada tingkatan rendah. hal ini terlihat selama pembelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru (Pasif). Fenomena tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana menemukan suatu metode pembelajaran yang efektif dimana peserta didik senantiasa berlaku aktif dalam rangka menumbuhkan keaktifan belajar mereka untuk memahami suatu materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa pada mapel Fiqih Kelas VIII B sebelum menggunakan metode Talking Stick. Untuk mengetahui proses pembelajaran Fiqih kelas VIII B dengan menggunakan metode Talking Stick .Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mapel Fiqih Kelas VIII B setelah menggunaan metode Talking Stick diberbagai siklus. Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mapel Fiqih Kelas VIII setelah menggunaan metode Talking Stick diakhir siklus. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwa keaktifan belajar siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu diantaranya adalah pemilihan metode yang tepat dan efektif. Oleh karena itu peneliti berusaha untuk mencari solusi dengan cara menerapkan metode Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mapel Fiqih siswa kelas VIII B. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berusaha mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif guna meningkatkan proses dan pembelajaran dikelas. Dalam proses pembelajaran PTK mempunyai empat komponen pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa keaktifan belajar siswa sebelum menggunakan metode Talking Stick adalah rata-rata 60,2 %. Hasil belajar siswa yang menunjukan Peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih materi Puasa kelas VIII B MTs Al-Baroroh, setelah mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode Talking Stick diseluruh siklus mengalami peningkatan kearah yang lebih baik, dapat dilihat pada siklus I hasil keaktifan belajar siswa rata-rata persentase sebesar 66 %, meningkat di siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 74,2 % dan di akhir siklus yakni siklus III meningkat pula dengan rata-rata persentase nilai sebesar 79,4 % dengan kategori baik. Dengan demikian metode Talking Stick diduga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talking Stick; Keaktifan Belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ridha Awaludin |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 03:00 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 03:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19294 |
Actions (login required)
View Item |