Pembuatan multimedia berbasis android berorientasi keterampilan berpikir kritis pada konsep unsur Golongan Alkali

Zakiah, Rizki Nurul (2016) Pembuatan multimedia berbasis android berorientasi keterampilan berpikir kritis pada konsep unsur Golongan Alkali. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Pemahaman siswa terhadap suatu konsep dapat tercapai apabila dilakukan pembelajaran yang baik dan benar, bukan hanya menghafalnya saja. Dual coding theory mengemukakan bahwa pembelajaran akan lebih efektif dengan menggabungkan elemen verbal dan visual. Penggabungan dua elemen ini dapat ditemukan pada penggunaan multimedia pada pembelajaran. Multimedia yang cocok pada perkembangan teknologi saat ini adalah multimedia berbasis android. Pada konsep unsur golongan alkali merupakan konsep yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga untuk mempelajari ini diperlukan keterampilan berpikir kritis yang membuat siswa aktif dan terampil menganalisis, mencari solusi dan mengevaluasi pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pembuatan dan nilai kelayakan multimedia berbasis android berorientasi keterampilan berpikir kritis pada konsep unsur golongan alkali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan dua tahap, yakni tahap analisis dan desain. Pada tahap analisis, dihasilkan keterhubungan konsep, indikator keterampilan berpikir kritis dalam strategi penyajian konsep. Tahap desain menghasilkan multimedia berbasis android yang memiliki karakteristik konsep yang disajikan melalui pertanyaan-pertanyaan pengarah untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dilengkapi dengan visualisasi berupa, video, gambar dan animasi. Hasil uji kelayakan yang telah dilakukan oleh dosen ahli kimia dan ahli media dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu pembelajaran konsep unsur golongan alkali yang berorientasi keterampilan berpikir kritis. Hasil uji coba terbatas dilakukan terhadap mahasiswa pendidikan kimia yang menunjukkan tanggapan baik terhadap multimedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Berbasis Android; Keterampilan Berpikir Kritis; Golongan Alkali
Subjects: Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:07
Last Modified: 12 Mar 2019 01:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19317

Actions (login required)

View Item View Item