Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT Bank Mega Syariah

Assidiqi, Hasbi (2017) Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT Bank Mega Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Bank Syariah merupakan lembaga intermediasi dimana menghimpun dana dari masyarakat kemudian menyalurkan kembali berupa fasilitas pembiayaan, kemudian asumsi yang menyatakan bahwa fasilitas pembiayaan Bank Syariah tidak sepenuhnya memberikan keuntungan dikarenakan faktor pembiayaan bermasalah yang diukur rasio Non Performing Financing (NPF) yang akan menurunkan pendapatan pada Net Profit Margin (NPM). Pada sisi permodalan, dana pihak ketiga mengalami penurunan, itu artinya semakin rendah tingkat rasio Financing to Deposit Ratio (FDR) ini akan mengurangi tingkat Net Profit Margin (NPM) pada PT. Bank Mega Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Non Performing Financing (NPF) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Bank Mega Syariah, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Bank Mega Syariah dan mengetahui seberapa besar pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Bank Mega Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisia kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dari laporan keuangan triwulan PT. Bank Mega Syariah periode 2011-2015. Sumber data yang digunakan adalah data Sekunder yang diperoleh dari www.megasyariah.co.id. Teknik analisis yang digunakan adalah anailis regresi linier sederhana analisis regresi linier berganda, uji korelasi Person Product Moment secara parsial, uji korelasi berganda, koefisiensi determinasi, dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji F. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) secara parsial Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) sebesar 0,687 atau 68,7% dibuktikan berdasarkan uji hipotesis (uji t) secara parsial thitung > ttabel (6,279 >2,101) maka H0 ditolak Ha diterima; 2) secara parsial Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) sebesar 0,08 atau 0,8% dibuktikan berdasarkan hasil pengujian hipotesis (uji t) secara parsial thitung < ttabel (0,387 < 2,101) maka H0 diterima Ha ditolak; 3) secara simultan Non Performing Financing (NPF) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh positif signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) sebesar 0,687 atau 68,7% dibuktikan berdasarkan hasil pengujian hipotesis uji F secara simultan Fhitung > Ftabel (18,629 > 3,59) maka H0 ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing (NPF); Financing To Deposit Rasio (FDR); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 14 Mar 2019 05:01
Last Modified: 14 Mar 2019 05:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19340

Actions (login required)

View Item View Item