Pengaruh Simpanan Wadiah dan Dana Syirkah Temporer terhadap Pembiayaan Musyarakah di PT Bank Mega Syariah periode 2007-2016

Chaidier, Muhammad Amarullah (2018) Pengaruh Simpanan Wadiah dan Dana Syirkah Temporer terhadap Pembiayaan Musyarakah di PT Bank Mega Syariah periode 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dugaan bahwa Jumlah Simpanan Wadi’ah dan Dana Syirkah Temporer berpengaruh terhadap Pembiayaan Musyarakah. Hal tersebut di kemukakan oleh teori yaitu ketika Jumlah Simpanan Wadi’ah mengalami kenaikan dan Dana Syirkah Temporer mengalami kenaikan maka Pembiayaan Musyarakah mengalami kenaikan, begitu pula sebaliknya apabila Jumlah Simpanan Wadi’ah mengalami penurunan dan Dana Syirkah Temporer mengalami penurunan maka Pembiayaan Musyarakah Mengalami Penururnan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) seberapa besar pengaruh Jumlah Simpanan Wadi’ah terhadap Pembiayaan Musyarakah, (2) seberapa besar pengaruh Dana Syirkah Temporer terhadap Pembiayaan Musyarakah, (3) seberapa besar pengaruh Jumlah Simpanan Wadi’ah dan Dana Syirkah Temporer terhadap Pembiayaan Musyarakah di PT. Bank Mega Syariah pada Tahun 2007-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan uji analisis regresi sederhana, analisis korelasi, koefisien determinasi dan Uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan Uji F. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diolah dari laporan keuangan publikasi PT. Bank Mega Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil Uji t dengan nilai thitung sebesar -1,009 dan nilai ttabel sebesar 2,306, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, karena thitung ≤ ttabel atau -1,009 ≤ 2,306 yang artinya Jumlah Simpanan Wadi’ah berpengaruh tidak signifikan terhadap Pembiayaan Musyarakah, (2) berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil Uji t dengan nilai thitung sebesar -0,276 dan nilai ttabel sebesar 2,306, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, karena thitung ≤ ttabel atau -0,276 ≤ 2,306 yang artinya Dana Syirkah Temporer berpengaruh tidak signifikan terhadap Pendapatan Pembiayaan Musyarakah, (3) berdasarkan hasil perhitungan, bahwa nilai Fhitung sebesar 0,461 dan untuk Ftabel sebesar 4,74. Karena Fhitung ≤ Ftabel atau 0,461 ≤ 4,74 maka dapat disimpulkan bahwa Jumlah Simpanan Wadi’ah dan Dana Syirkah Temporer tidak berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan Musyarakah. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 11,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Jumlah Simpanan Wadi’ah dan Dana Syirkah Temporer memberikan kontribusi terhadap Pembiayaan Musyarakah sebesar 11,6% dan sisanya sebesar 88,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Simpanan Wadi’ah; Dana Syirkah Temporer; Pembiayaan Musyarakah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banking Services
Financial Economics, Finance > Saving Banks
Financial Economics, Finance > Credit
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Amrullah Chaidier
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:17
Last Modified: 18 Mar 2019 02:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19364

Actions (login required)

View Item View Item