Muhidin, Agus Firman (2019) Penerapan Model Pembelajaran Five Stage Conceptual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Materi Fluida Statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
Abstract
Fluida statis merupakan salah satu materi fisika yang erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik seharusnya akan memperoleh hasil belajar yang baik apabila belajar mengenai konsep ini. Namun dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa hasil belajar khususnya ranah kognitif peserta didik pada materi fluida statis masih rendah. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Five Stage Conceptual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Five Stage Conceptual, dan 2) peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis di kelas XI-IPA SMA Darul Fatwa setelah menerapkan model pembelajaran Five Stage Conceptual. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPA SMA Darul Fatwa berjumlah 30 orang. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Five Stage Conceptual pada materi fluida statis termasuk dalam kategori baik, 2) Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik untuk materi fluida statis termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai N-gain sebesar 0,79, 3) Hasil belajar afektif diperoleh nilai sebesar 88 dengan kategori sangat baik dan 4) Hasil belajar psikomotor diperoleh nilai sebesar 83 dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fluida Statis; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Five Stage Conceptual |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Elementary Education > Science for Elementary Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Agus Firman Muhidin |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 09:02 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 09:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19415 |
Actions (login required)
View Item |