Independensi wartawan media online: Studi deskriptif pada wartawan Rubrik Politik berita kampanye Pilpres edisi 1-14 Nopember 2018 di Rakyat Merdeka Online Jabar

Susana, Rina Rahadian (2018) Independensi wartawan media online: Studi deskriptif pada wartawan Rubrik Politik berita kampanye Pilpres edisi 1-14 Nopember 2018 di Rakyat Merdeka Online Jabar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Independensi merupakan kekuatan media atau wartawan untuk berdiri sendiri tanpa adanya intervensi dari pihak lain yang membuat berita menjadi tidak berimbang. Seperti halnya dalam memberitakan berita politik. Peristiwa politik termasuk memiliki nilai berita yang tinggi, sehingga peristiwa politik hampir selalu menjadi perhatian media massa dan masyarakat. Para wartawan yang mencari, mengumpulkan bahan liputan dan menuliskannya dalam bentuk berita politik seringkali kesulitan untuk menjaga objektivitas pemberitaannya, hal ini dikarenakan adanya campur tangan baik itu dari dalam maupun dari luar redaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Independensi Wartawan Rubrik Politik Rakyat merdeka Online Jabar. Landasan penelitian ini berpijak pada konsep independensi yang mengacu pada kode etik jurnalistik pasal 1 mengenai independensi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, metode tersebut dapat memberikan deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat dengan teknik wawancara mendalam tentang fakta-fakta, sifat dan hubungan wartawan Rubrik Politik Rakyat merdeka Online Jabar. Hasil penelitian menunjukan bahwa wartawan Rubrik Politik Rakyat merdeka Online Jabar memahami berita politik sehingga bisa memaknai definisi berita politik dan mematuhi kebijakan dalam melakukan peliputan berita politik. Oleh karena itu dalam menyajikan berita politik, wartawan Rubrik Politik Rakyat merdeka Online Jabar menghindari intervensi dari luar dan menyajikan berita secara akurat. sehingga independensi wartawan rubrik politik Rakyat Media Online Jabar berdasarkan hasil dilapangan, menyatakan bahwa seluruh wartawan rubrik politik Rakyat Media Online Jabar independen dan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik pasal 1. Dimana dalam pemberitaannya berimbang, tidak memihak, dan tidak beritikad buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Independensi; Wartawan; Politik;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rina Rahadian Susana
Date Deposited: 22 Mar 2019 07:11
Last Modified: 22 Mar 2019 07:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19467

Actions (login required)

View Item View Item