Pelaksanaan akad mudharabah pada pembiayaan modal usaha di koperasi jasa keuangan Syari’ah TAMZIS Cabang Cimahi menurut Hukum Ekonomi Syariah

Sugiharto, Muhamad (2019) Pelaksanaan akad mudharabah pada pembiayaan modal usaha di koperasi jasa keuangan Syari’ah TAMZIS Cabang Cimahi menurut Hukum Ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER-dikonversi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I-dikonversi.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Pembiayaan modal usaha di koperasi jasa keuangan syari’ah tamzis cabang Cimahi merupakan pembiayaan modal usaha seperti pada lembaga keuangan pada umumnya. Namun dalam pelaksanaan pembiayaan modal usaha di KJKS Tamzis dengan menggunakan salah satu bentuk akad dengan sistem syari’ah yaitu berupa akad mudharabah. Karena merupakan bentuk akad mudharabah, sehingga hasil usaha tersebut akan dibagi dua antara lembaga koperasi sebagai shohibul mal dengan nasabah sebagai mudharib yang disebut system bagi hasil. Akan tetapi bentuk bagi hasil pada akad mudharabah ini dengan menggunakan system proyeksi keuntungan atau kerugian ditentukan di awal. Dengan adanya pelaksanaan akad mudharabah tersebut peneliti mengajukan beberapa pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana pelaksanaan akad mudharabah pada produk pembiayaan modal usaha di KJKS Tamzis Cabang Cimahi? 2) Bagaimana penentuan bagi hasil pembiayaan modal usaha di KJKS Tamzis Cabang Cimahi? 3) Bagaimana tinjauan hokum ekonomi syari’ah terhadap pelaksanaa akad mudharabah dan penentuan bagi hasil pada produk pembiayaan modal usaha di KJKS Tamzis Cabang Cimahi? Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan akad mudharabah pada pembiayaan modal usaha di KJKS Tamzis Cabang Cimahi ditujukan kepada calon mudharib yang telah memiliki usaha dan tercatat sebagai anggota koperasi. Pengembalian modal selama akad berlangsung, kerugian usaha ditanggung oleh mudharib dan adanya penjamin pembiayaan. Adapun penentuan bagi hasil yang dilakukan yaitu dengan menggunakan sistem bagi hasil yang diproyeksikan pada saat akad. Menurut perspektif Hukum Ekonomi Syariah calon mudharib yang disyaratkan telah memiliki usaha lebih tepat sebagai akad musyarakah dan bukan akad mudharabah. Pertanggungan kerugian usaha dibebankan kepada mudharib dan jaminan sebagai keharusan adanya dalam akad mudharabah tidak sesuai dengan syariat Islam. Begitu juga penentuan besarnya bagi hasil diproyeksikan ddalam jangka waktu tertentu sebelum usaha dimulai tidak sesuai dengan ekonomi syariah dan menyerupai riba yang dilarang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad Mudharabah; Ekonomi Syari’ah; Pembiayaan;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 27 Mar 2019 01:09
Last Modified: 29 Jun 2019 07:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19538

Actions (login required)

View Item View Item