kholish, Halim (2019) Pengembanga lembar kerja siswa berbasis Discovery Learning pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan lembar kerja siswa dilakukan untuk dapat menjawab atau memecahkan masalah ataupun kesulitan belajar siswa serta sebagai pelengkap belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mendeskripsikan kelayakan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi pencemaran lingkungan, mendeskripsikan efektifitas hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi pencemaran lingkungan, mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode research and development dengan model penelitian 3D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik sampling purposive yaitu sebanyak 1 kelas 31 siswa dari kelas VII G. Pada tahap pengembangan validasi lembar kerja siswa dilakukan oleh ahli desain, ahli materi dan guru IPA SMPN 17 Bandung diperoleh hasih validasi sebesar 71,1% dengan kriteria valid. Respon siswa terhadap lembar kerja siswa yaitu sebesar 91,1% dengan kriteria sangat baik. Persentase keseluruhan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi pencemaran lingkungan yaitu sebesar 69% dengan kriteria sedang. Hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 74% siswa mencapai nilai KKM ≥ 65 dan sebesar 26% siswa tidak mencapai KKM. Dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi pencemaran lingkungan yaitu efektif dapat diterima siswa dan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan;lembar kerja siswa; discovery learing;pencemaran lingkungan; |
Subjects: | Biology > Data Processing and Analysis of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 03 Apr 2019 15:26 |
Last Modified: | 03 Apr 2019 15:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/19634 |
Actions (login required)
View Item |