Partisipasi pondok pesantren terhadap tingkat pendidikan agama Salaeurih: Penelitian di Kampung Salaeurih Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi

Mubarok, Syahrul (2018) Partisipasi pondok pesantren terhadap tingkat pendidikan agama Salaeurih: Penelitian di Kampung Salaeurih Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_dafarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas bagi remaja yang ada di kampung Salaeurih, ataupun kurangnya suatu wadah yang bisa mengarahkan remaja Salaeurih agar bis belajar agama islam dan mulai bisa meninggalkan kebiasaan-kebiasan buruk yang biasa serig diakukan oleh remaja Salaeurih. Sehingga adanya pondokpesantren Jamiatul Quro yang membawa perubahan pada masyarakat salaeurih khususnya perubahan bagi remaja salaeurih. Penelitian ini bertujuan untk mengetahui bagaimana pemahan dan pengamalan agama remaja Salaeurih, pola penddikan agama di Pondok Pesantren Jamiatul quro dan partisifasi Pondok pesantren jamiatul quro dalam eningkatkan pemahaman agama remaja Salaeurih. Prnrlitian ini didasarkana pada teori Struktur Fungsional talcott Parsons. Teori struktur fungsinal Talcott parsons yaitumasyarakat merupakan sutau sistem yang terdiri bagian-bagian atau elemen yang saling berkaitan dan saling menyatudalam keseimbanga, aaupun bisa diakatan suatu sistem tidak akan bisa berjalan sempurna tanpaadanyasub-sub sistem, ketika salah satu subsistem itu hilang maka tidak akanterjadi keseimbangan di dalam sistem tersebut. Perubahan yang terjadi pada suatau bagian akan membawa perubahan pula terhadapbagian yang lain. Penggunaan teori ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan partisipasi pondok pesantren dalam meningkatkan pendidikan agama dikalangan remaja Salaeurih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini mengguanakan data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan informan, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dengan informan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, conclusing dwaring dan veriffikasi. Temuan peelitian yaitu, diketahui bahwa perubhan yang terjadi di Kampung salaeurih setelah adanya pondok pesantren jamiatul quro yaitu adanya kegiattan bagi masyarakat Salaeurih, pengajian ibu-ibu, pengajia bapak-bapak, pengajian untuk remaja, adanya pendidikn non formal, perayaan hari besar islam seperti muludan dan rajaban dan perbaikan infrastruktur seperti adanya madrasah untk anak-anak .disamping itu mulai hilangnya kebiasaan-kebiasaan negative seperti mabuk-mabukan, tauran an kenakalan-kenakalan remaja lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Pesantren
Subjects: Religious Mythology > Interreligious Relations
Other Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: syahrul mubarok
Date Deposited: 04 Apr 2019 02:08
Last Modified: 04 Apr 2019 02:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19642

Actions (login required)

View Item View Item