Retorika dakwah Ustadz Evie Effendi di video youtube

Rahman, Regi Raisa (2018) Retorika dakwah Ustadz Evie Effendi di video youtube. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Pesatnya perkembangan teknologi media sosial membuat kepopuleran seakan-akan mudah didapat. Evie Effendi merupakan salah satu da’i populer di media sosial Youtube dengan kebanyakan jamaahnya dari kalangan kaula muda. Ia memiliki keunikan dan ciri khas dalam dakwahnya yaitu dengan selalu mengenakan pakaian modis ala kaula muda serta selalu menambahkan humor dalam ceramahnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menganalisis dan mengkontruksi proses pembangunan retorika dalam dakwah Evie Effendi di video Youtube. Penelitian ini menggunakan beberapa teori penunjang diantaranya teori retorika yang diungkapkan oleh Aristoteles dengan asumsi bahwa retorika merupakan seni untuk mempengaruhi orang lain (the art of persusasion) dengan cara menggunakan prinsip ethos, pathos dan logos. Kemudian teori retorika yang diungkapkan Jalaludin Rakhmat dengan asumsi komunikator perlu menggunakan beberapa imbauan persuasi dalam berpidato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemudian, data yang diperoleh, peneliti menggunakan observasi, dokumentasi dan sampling. Setelah itu data-data dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan teori-teori yang ada. Hasil dari penelitian ini yaitu konsep retorika yang diterapkan oleh Evie Effendi sebagai seni ceramah untuk mempengaruhi jamaahnya. Konsep yang diterapkan yaitu ethos, pathos, dan logos, serta lima imbauan persuasi. Gaya bahasa yang digunakan Evie Effendi dalam dakwahnya ini, yaitu ta’lim dan tarbiyah, tazkir dan tanbih, targhib dan tabsyir, tarhib dan inzar, qashash dan riwayat, serta amar dan nahi. kemudian, humor yang digunakan adalah humor exaggeration, parodi, burlesque, dan belokan mendadak. ENGLISH The rapid development of social media technology has made it popular as if it was easy to obtain. Evie Effendi is one of the popular da'i on Youtube social media with most of her congregations from the young people. He has a unique and distinctive feature in his preaching by always wearing fashionable clothes in the style of a young woman and always adding humor in his lecture. The purpose of this research is to find out, analyze and construct the process of building rhetoric in Evie Effendi's preaching on Youtube videos. This study uses several supporting theories including the rhetorical theory expressed by Aristotle with the assumption that rhetoric is an art to influence others (the art of persusasion) by using the principles of ethos, pathos and logos. Then the rhetorical theory revealed by Jalaludin Rachmat with the communicator's assumption needs to use several persuasion appeals in speeches. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach. Then, the data obtained, researchers used observation, documentation and sampling. After that the data are analyzed and described in accordance with existing theories. The results of this study are the rhetorical concepts applied by Evie Effendi as art lectures to influence their worshipers. The concepts applied are ethos, pathos, and logos, as well as five persuasion calls. The language style used by Evie Effendi in her preaching, namely ta'lim and tarbiyah, tazkir and tanbih, targhib and tabsyir, tarhib and inzar, qashash and history, and amar and nahi. then, the humor used is humor exaggeration, parody, burlesque, and sudden turns.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Retorika; Evie Effendi; Youtube;
Subjects: Islam > Da'wah
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Regi Raisa Rahman
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:23
Last Modified: 04 Apr 2019 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19657

Actions (login required)

View Item View Item