Tanggapan santri terhadap metode My Q-Map hubungannya dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an: Penelitian pada santri di Pondok Tahfidz Bintang Qur’an, Cirebon

Wardatuljannah, Resta (2017) Tanggapan santri terhadap metode My Q-Map hubungannya dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an: Penelitian pada santri di Pondok Tahfidz Bintang Qur’an, Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_ BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)

Abstract

Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman hidup bagi umat manusia yang seyogianya tidak hanya dibaca, tetapi dihafal dan dipahami maknanya. Permasalahannya, masih banyak orang yang tidak tertarik untuk menghafal dan mempelajari makna Al-Qur’an dengan alasan menghafal Al-Qur’an itu dianggap sulit sehingga minat dalam menghafal dan mempelajari makna Al-Qur’an itu sangat minim. Secara teoritis, Metode My Q-Map hadir sebagai metode yang dapat mempengaruhi kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an disertai maknanya . Namun, perlu realitas empiris untuk membuktikan bahwa teori tersebut benar. Untuk itu, santri di Pondok Tahfidz Bintang Qur’an Cirebon sebagai pondok tahfidz pertama yang menggunakan metode My Q-Map dalam menghafal Al-Qur’an, sangat tepat jika dijadikan objek penelitian untuk mengasilkan bukti secara empiris. Sehingga, timbul pertanyaan apakah ada hubungan antara tanggapan santri terhadap Metode My Q-Map dengan kemampuan mereka dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan santri terhadap Metode My Q-Map di Pondok Tahfidz Bintang Qur’an Cirebon, realitas kemampuan menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Tahfidz Bintang Qur’an Cirebon, dan hubungan antara realitas tanggapan santri terhadap Metode My Q-Map dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Tahfidz Bintang Qur’an Cirebon. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan santri terhadap Metode My Q-Map merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah “Jika tanggapan santri terhadap Metode My Q-Map semakin baik dan tinggi, maka akan semakin baik dan tinggi pula kemampuan menghafal Al-Qur’annya”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan datanya adalah angket, tes lisan, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Penyebaran angket dan tes lisan ditujukan kepada 40 santri sebanyak 15 item. Setelah data terkumpul, maka dianalisis menggunakan analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, realitas tanggapan santri terhadap Metode My Q-Map menunjukkan kategori baik, ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 3,5 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. Dan kemampuan menghafal Al-Qur’annya juga menunjukkan kategori baik yaitu berdasarkan pada rata-rata sebesar 3,71 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. Signifikansi korelasinya diperoleh thitung 6,77 > dari ttabel 2,02. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya. Adapun analisis korelasi mengenai kedua variabel, sebesar 0,74 dan termasuk pada korelasi tinggi yang berada pada interval 0,70-0,80. Dengan demikian, terjadi hubungan antara tanggapan santri terhadap Metode My Q-Map dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: My Q-Map ; Interval; Angket
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Apr 2019 02:42
Last Modified: 05 Apr 2019 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/19658

Actions (login required)

View Item View Item